Dua Proyek Strategis di Riau Ini Terancam Batal Dilaksanakan Tahun 2018, Ini Penyebabnya

Photo: Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution

 

Pembangunan Sejumlah Proyek strategis milik Pemerintah Provinsi Riau tahun 2018 ini tidak berjalan sesuai rencana.

Karena ada dua proyek yang sampai saat ini belum ditekan kontrak dan terancam batal pembangunannya.

Dua proyek tersebut pembangunan Mesjid Raya Provinsi Riau rencananya dibangun dipinggir sungai Siak, dan pembangunan Gedung Satker Kementerian SNVT di Rimbo Panjang.

Untuk pembangunan Mesjid raya sendiri sudah dua kali lelang namun belum ada pemenangnya, sebagaimana ditargetkan pembangunan Mesjid raya Provinsi ini harus tuntas tahun ini.

“Sudah dua kali lelang namun belum juga ada pemenangnya. Ini lelang ketiga jika tidak ada juga pemenang saya rasa bagus dihentikan saja, “ujar Kabid Gedung Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau Zulkifli Rachman kepada Tribunpekanbaru.com Jumat (29/6/2018).

Melihat kondisinya juga, lanjut Zulkifli meskipun ditekan kontraknya dalam bulan ini pembangunan juga membutuhkan waktu lama, karena pembangunan tidak bisa langsung dilakukan dan harus membongkar bangunan terlebih dahulu.

“Dan prosesnya masih lama, karena kita butuh waktu bongkar gedung lama dan harus dilakukan penimbunan dua meter dan terapi juga, jadi sangat sulit, “ujar Zulkifli Rachman.

Maka pendapatnya untuk pembangunan gedung tersebut sebaiknya ditunda saja, karena rencana awal Jika pun jadi dimulai dibangun tahun ini hanya bisa difungsikan bagian dalam Mesjid saja.

Sedangkan pembangunan gedung SNVT sendiri menurut Zulkifli ditunda pembangunannya karena pertimbangan kondisi keuangan akibat menurunnya pendapatan tidak sesuai dengan yang ditargetkan.

“SNVT gagal dibangun karena pertimbangan kondisi keuangan anggaran untuk pemasukan merosot. Makanya akan dibahas lagi oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), “ujar Zulkifli.

Sebenarnya lanjut Zulkifli dari perhitungan termasuk juga pembangunan Mesjid ditunda karena pertimbangan kondisi keuangan.

” Kalau kami di PUPR tidak ada masalah, Kendalanya bukan ada di PUPR semuanya akan kita jalankan sesuai arahan, “jelas Zulkifli.

Sebagaimana diketahui ada lima proyek strategis Pemprov Riau yang direncanakan tuntas tahun ini, yakni dua unit fly over, Jembatan Siak IV, Gedung Kejati, Gedung Mapolda, SNVT dan Pembangunan Mesjid Raya Provinsi.

Saat ini yang semua proyek hampir sudah jalan pembangunan kecuali pembangunan Mesjid raya dan SNVT.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


five × four =