Ini Jumlah Produksi Ikan di Kabupaten Siak

Source: Internet

 

Pada 2016, dari 867 nelayan tangkap di kabupaten Siak, dapat memproduksi ikan sebanyak 2.867 ton setahun. Produksi itu dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat lokal.

Produksi ikan tangkap itu diperbanyak dengan priduksi ikan budidaya yang mencapai 1.268 ton pertahun. Total produksi ikan di Siak lebih kurang 4.135 ton pertahunnya. Sedangkan untuk jumlah rumah tangga perikanan budidaya sebanyak 2.712.

“Pembangunan perikanan di kabupaten Siak ditekankan pada peningkatan produksi perikanan untuk memenuhi kebutuhan domestik kabupaten Siak, baik perikanan budidaya maupun perikanan tangkap,” kata kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Siak, Susilawati, Jumat (8/9/2017).

Pengembangan perikanan budidaya berbasis pada komoditas ekonomis yang sesuai dengan potensi lokal kabupaten Siak. Animo masyarakat terhadap pengembangan perikanan budidaya juga sudah cukup tinggi hal.

Hal ini bisa dilihat dari cukup banyaknya jumlah pembudidaya ikan di kabupaten Siak. Pada akhir 2016 tercatat jumlah pembudidaya ikan sebanyak 2.712 KK dengan komoditas utama yang dikembangkan adalah ikan lele, nila, patin, gurami dan ikan ekonomis air tawar lainnya.

Sedangkan untuk pengembangan perikanan tangkap, pihaknya melakukan restoking beberapa komoditas ikan air tawar di perairan umum Tasik Tower Km 11 dan restoking ikan patin di sungai Siak pada 2015 lalu.

Selain itu pihaknya melakukan Studi Kelayakan Kawasan Perikanan Budidaya pada 2014. Program itu untuk membuka akses masyarakat perikanan pada peningkatan produksi perikanan dengan menitikberatkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan sektor perikanan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


3 × three =