Pembalak dari Sumbar Diduga Jarah Hutan Lindung Bukit Tabandang

Source: Internet

 

Tim Pemetaan Desa (TPD) Lubuk Ambacang menemukan ratusan kubik kayu balok di kawasan Hutan Lindung Bukit Batabuh di wilayah Bukit Tabandang, Kecamatan Hulu Kuantan.

Ketua TPD Lubuk Ambacang, Kasasi menyebutkan, temuan itu diperoleh saat TPD melakukan pengambilan titik koordinat untuk pembuatan peta desa.

“Kami kaget, di situ sudah ada jalan dan tumpukan kayu. Kami perkirakan ada ratusan kubik banyaknya. Bahkan di situ juga ada tenda-tenda pekerja. Tapi kami tidak menemukan pelaku serta alat berat,” ujar Kasasi.

Yang membuat kami kaget, kata Kasasi, kawasan itu merupakan kawasan hutan lindung. Tapi faktanya sudah gundul. Jika melihat bekas penebangan kayu yang dilakukan pelaku pembalakan, sepertinya ini sudah berlangsung sejak lama.

Buktinya di dalam kawasan hutan itu telah dibuat jalan-jalan produksi diduga menggunakan alat berat. “Jalannya banyak sekali. Di sepanjang jalan itu kayu balak berjejeran. Sepertinya pelaku sudah sejak lama menjarah hutan lindung ini,” terangnya.

Kasasi bersama timnya lalu mendokumentasikan temuan tersebut. Mereka mengambil foto-foto. Termasuk mencari tau siapa pelakunya. Dalam penelusuran TPD, mereka mengaku mendapatkan informasi pelaku pembalakan itu oleh oknum masyarakat Kecamatan Kamang Baru inisial SRB.

Lalu, temuan itu juga telah dilaporkan kepada Camat Hulu Kuantan, Polsek Hulu Kuantan dan Polhut Provinsi Riau melalui perwakilan Polhut di Teluk Kuantan. “Kami mengharapkan aparat segera menindaklanjuti. Jika tidak aan dikhawatirkan Hutan Lindung di Kawasan Bukit Tabandang akan menjadi ancaman bagi masyarakat di Desa Lubuk Ambacang,” harap Kasasi.

Source :

Riau Terkini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


13 + 12 =