Perambah Taman Nasional Riau Diamankan

Source: Internet

 

Penegak Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Seksi Wilayah II Sumatera mengamankan perambah di kawasan Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN), Pelalawan Riau. Tiga orang berhasil diamankan beserta alat beratnya.

“Tiga perambah yang diamankan adalah M, A, dan M saat ini ketiganya sudah dibawa ke Pekanbaru,” ungkap Pelaksana Harian Gakkum KLHK Seksi Wilayah II Sumatera, Sunardi, Jumat (22/12/2017).

Dari pemantauan, ketiga perambah ini masih ke TNTN melalui Desa Situgal, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuantan Singigi, Riau. Mereka merambah menggunakan satu unit eskavator. Keberadaan aktivitas perambahan ini sudah terpantau sejak dua hari lalu.

Mereka terlihat sudah membersihkan lahan dengan alat berat dan siap menanami lahan yang sudah dirambah menjadi perkebunan kelapa sawit. Karena di dekat area yang dibersihkan sudah ada pohon sawit yang berdiri.

“Saat disergap mereka yang terdiri dari operator, kernet dan yang menyiapkan keperluan operator,” imbuhya.

Taman Nasional Tesso Nilo, Riau memiliki luas 83 ribu hektare yang terdiri dari zona inti yang merupakan tempat habitat gajah Sumatera dan harimau Sumatera. Kemudian ada juga zona peyangga yang merupakan hutan lindung.

TNTN terbentang dari Kabupaten Indragiri Hulu hingga Kabupaten Pelalawan. Namun, sayang kawasan yang dilindungi negara tersebut kini porak poranda akibat perambahan liar. Kawasan tersebut kini sudah dikapling-kapling oleh para cukong dan menjadi perkebunan dan pemukiman warga. Sudah lebih separuh luasan TNTN beralih fungsi. Kementerian LKH diminta untuk serius melindungi perambahan di TNTN.

Source :

Sindo News

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


two × 4 =