Termasuk Penguasa Hutan Riau? Serba Serbi Sejarah Kelam PT Ruas Utama Jaya (RUJ)

Source: Internet

 

PT. Ruas Utama Jaya (RUJ) salah satu perusahaan kehutanan yang terkait dengan kelompok besar Asia Pulp & Paper (APP) atau Sinar Mas Group.

PT RUJ juga pernah terseret kasus  Kasus illegal logging, namun saat itu tak jelas kelanjutannya dan belum ada kabar lanjutan.

pada tahun itu Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Alam Riau (Jikalahari) mempertanyakan nasib penuntasan kasus penebangan hutan alam Riau yang melibatkan PT Ruas Utama Jaya (RUJ), salah satu perusahaan kehutanan yang terkait dengan kelompok besar Asia Pulp & Paper (APP) atau Sinar Mas Group.

Sejak Kepolisian Daerah Riau menerbitkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3) terhadap 13 perusahaan kehutanan terkait dengan dua perusahaan raksasa pulp dan kertas APP dan APRIL, penegakan hukum di sektor ini telah berada dalam titik nadir.

Meskipun pihak kepolisian menyatakan salah satu dari 14 perusahaan yang disidik, yakni PT Ruas Utama Jaya, akan dilanjutkan berkas perkaranya untuk diproses hukum di tingkat selanjutnya, namun publik dan pihak pro-lingkungan mempertanyakan nasib perjalanan hukum perusahaan tersebut.

Pada waktu itu di akhir tahun 2009 Jikalahri tak bosan mendesak pemerintah untuk membuka lagi kasus-kasus kejahatan lingkungan yang dipetieskan hanya karena alasan yang kurang kuat.

Di tahun itu juga beberapa perusahaan tergabung dengan kelompok APP/SMG seperti PT Bina Duta Laksana, PT Artelindo, PT Riau Indo Palma, PT SPA KTH Perawang Serapung, PT Suntara Gajapati, PT Satria Perkasa Agung, dan PT Balai Kayang Mandiri melakukan penebangan hutan alam Riau merusak ekosistem, memicu konflik sosial dengan masyarakat, menyebabkan konflik satwaliar dan manusia, maupun memengaruhi pemanasan global yang signifikan.

Source :

Riau One

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


four × 2 =