Harteknas ke-23 di Riau, Menristekdikti akan Kunjungi Kampar

Photo: riausky

 

Dalam rangka rangkaian peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) Ke-23 yang dipusatkan di Propinsi Riau, Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) RI, Mohamad Nasir akan melakukan panen padi sekaligus penanaman padi di Desa Pulau Tinggi Kecamatan Kampar pada Tanggal 4 Agustus 2018 mendatang.

Hal tersebut diputuskan ketika Pemerintah Provinsi Riau mengundang Dinas terkait dan Pemkab Kampar pada acara Rapat Koordinasi Penanggujawaban Bidang Kegiatan Peringatan Harteknas ke-23 di ruang Rapat lantai III Balitbang Provinsi Riau. (6/7)

Turut Hadir dalam undangan Rakor tersebut diantaranya Kepala Badan Penelitian Pengembangan (Balitbang) Prov.Riau Dra. Arbaini, MT, Kepala Bapeda Provinsi Riau, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura Provinsi Riau, Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Universitas Negeri maupun swasta yang ada di Provinsi Riau.

Bupati Kampar yang diwakili Seketaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M.S.i ketika menghadiri Rapat Koordinasi tersebut, mengungkapkan bahwa Pemkab Kampar akan berkoordinasi kepada Provinsi untuk mempersiapkan kedatangan Menteri Mohammad Nasir.

“Kita akan berkoordinasi dengan OPD dikabupaten dan Provinsi serta mempersiapkan segala sesuatunya agar kedatangan Menteri Menristekdikti ke Kabupaten Kampar tidak menemukan kendala yang berarti, tegasnya”.

Selanjutnya sempena persiapan Peringatan Harteknas ke-23 Yusri memaparkan bahwa dikabupaten Kampar memiliki Kampus Politeknik yang merupakan satu-satunya Kampus Teknik yang memiliki Pengolahan sawit, Perawatan dan Perbaikan Mesin, Teknik Informatika dan Administrasi Bisnis Manajemen. Politeknik Kampar juga telah menghasilkan spare part kebutuhan pabrik Kelapa Sawit yang telah bekerjasama dengan Pabrik Baja Diva.

Selain itu Polkam juga salah satu Kampus yang bergerak dibidang penyedian suku cadang Pabrik Pengolahan Sawit hasil dari Hibah Teknologi Negara Korea dan Kampus ini satu-satunya yang ada di Sumatera.

Dalam pemaparannya Yusri yang didampingi Kepala Badan Pemerintahan Desa Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan juga mengharapkan pada puncak peringatan Harteknas agar Polkam diberikan ruang untuk memamerkan hasil teknologi berbasis Pabrik Industri nantinya.

“Ini sangat penting, bertepatan dengan kedatangan Harteknas, Kabupaten Kampar dapat mempromosikan Kampus unggul berbasis Teknologi yang tidak dimiliki Kabupatan lain diprovinsi Riau”. kata Yusri

Dia mendorong inovasi terus tumbuh dan menyebar ke seluruh daerah-daerah di Indonesia. Dengan begitu, harapannya semangat inovasi dapat digaungkan di Provinsi Riau yang ditunjuk sebagai tuan rumah Harteknas ke 23, yang pertama di Sumatera dan kedua di luar Jawa.

“Penunjukkan Riau sebagai tuan rumah Hakteknas merupakan hal yang tepat, sebab tahun lalu Riau mendapatkan penghargaan Budhipura dari Kemenristekdikti, karena berhasil mengembangkan sistem inovasi daerah, “ungkap Kepala Badan Penelitian Pengembangan (Balitbang) Prov.Riau Dra. Arbaini, MT.

Dalam kesempatan itu pula Arbaini mengatakan Puncak Hakteknas akan berlangsung pada 10 Agustus nanti. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan mulai dari acara bakti teknologi, lomba inovasi nasional, kreatifitas serta anugerah inovasi dan kegiatan ilmiah.

Source :

riausky

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


four + 14 =