Indahnya Sungai Indragiri Dihiasi Pompong Hias Penuh Warna

Source: Internet

 

Suasana di Sungai Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sore kian semarak dan indah. 25 unit pompong hias yang mengikuti Festival Sungai Indragiri, Kamis (23/9/2017), tampak lalu lalang.

Pompong hias ini berasal dari seluruh Desa yang ada di Kecamatan Tembilahan serta perwakilan Kecamatan Concong.

Festival Sungai Indragiri awalnya digagas oleh Pemerintah Desa Sungai Intan yang ingin menggali potensi wisata lokal dengan mengangkat kearifan lokal dalam menyambut pergantian tahun baru Islam setiap bulan Muharram.

Kepala Desa Sungai Intan, Ahmad Effendi mengatakan, pada awalnya festival ini hanya diikuti oleh masyarakat tingkat RT, kemudian disambut baik oleh desa-desa lainnya.

“Tahun kedua, festival ini sudah menjadi iven kecamatan yang diikuti oleh desa-desa lain. Tahun ketiga dan keempat lalu Pemerintah Kabupaten memberikan perhatian serius dengan mengangkat ini sebagai iven wisata kabupaten Inhil,” kata Ahmad bangga.

Bupati Inhil, HM Wardan yang secara langsung melepas pompong dalam festival ini, menyampaikan rasa bangganya kepada masyarakat Desa Sungai Intan, Kecamatan Tembilahan Hulu yang mampu menjadi pelopor terselenggaranya FestivalSungai Indragiri yang kini sudah menjadi agenda tahunan di Inhil ini.

“Kita sangat bangga dengan pemerintah Kecamatan Tembilahan Hulu yang mampu menggelar iven wisata tahunan yang sudah berjalan di tahun keempat pada tahun 2017 ini,” ujar Bupati Wardan saat membuka dan melepas puluhan pompong hias, Kamis (21/9/2017).

Bupati juga meminta Disporabudpar Inhil untuk mengemas iven ini sebaik mungkin agar mampu menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

“Tahun depan akan coba kita anggarkan untuk peningkatan kapasitas festival ini. Mulai dari perbaikan turap, jembatan dan lainnya agar memberikan kesan representatif pada iven ini. Nanti coba dicari lokasi yang bagus,” ujarnya lagi.

Pada kesempatan tersebut, seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kembali melepas ribuan bibit ikan berbagai jenis ke Sungai Indragiri yang merupakan rangkaian acara festival Sungai Indragiri pada tahun ini.

“Kita berharap ikan-ikan ini mampu berkembang biak secara baik agar hasilnya mampu dinikmati oleh masyarakat juga nelayan. Ini juga sebagai bentuk upaya pelestarian kita terhadap ekosistem sungai Indragiri,” tandas wardan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


two × 1 =