Mendikbud: Indonesia Raya Lirik dan Aransemennya Tak Boleh Diubah

Foto : Ari Saputra/detikcom

 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menilai Lagu Indonesia Raya tak boleh diubah. Menurutnya, pengubahan tak boleh dilakukan baik untuk lirik maupun aransemennya.

“Menurut saya khusus lagu kebangsaan Indonesia Raya mestinya baik lirik maupun aransemennya tidak boleh diubah-ubah. Termasuk dicuplik sebagian untuk melengkapi sebuah lagu yang baru,” kata Muhadjir saat dihubungi detikcom, Senin (20/8/2018) malam.

Dihubungi terpisah, Staf Ahli Kemendikbud Chatarina Girsang menambahkan jika ada yang mengubah aransemen maka harus dilihat niatnya, apakah untuk merendahkan atau tidak. Hal itu menurutnya bisa dilihat dari sikap, tempat dan cara menyanyikannya.

“Jadi yang perlu dibuktikan maksud untuk menghina dan merendahkan. Dari sikap dan cara menyanyikannya, kapan dan tempatnya, tujuan menyanyikannya,” ujar Chatarina.

Dia juga mengatakan pernah melihat aransemen lagu Indonesia Raya yang diubah sebelumnya. Chatarina menyatakan penilaian soal niat merendahkan atau tidak dari pengubahan aransemen itu bisa dinilai oleh orang-orang yang melihat dan mendengarnya.

“Jadi respon yang mendengarkannya, pasti akan sama. Atau sikap menyanyikannya, misalkan apa sambil bergaya tidak sopan. Hal-hal yang common sense dan dirasakan sama oleh mereka yang melihatnya,” ucapnya.

“Saya pernah dengar ada versi lain tahun 2016. Guns and Roses,” imbuhnya.

Menurutnya Kemendikbud bakal mengambil tindakan jika ada respon negatif dari masyarakat. “Biasanya jika ada respon masyarakat yang negatif (Kemendikbud akan mengambil tindakan),” ujarnya.

Aransemen lagu ‘Indonesia Raya’ oleh seorang produser musik bernama Awwalur Rizqi Al-firori menjadi kontroversi di media sosial. Awwalur Rizqi Al-firori atau dikenal dengan nama Alffy Rev di media sosial mengaransemen Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh Misellia Ikwan. Video itu diunggah di YouTube dan Instagram pada 17 Agustus 2018.

Dalam video, terlihat lagu Indonesia Raya dinyanyikan di pinggir pantai. Di beberapa bagian, ada musik yang diaransemen dengan alat musik tradisional maupun modern.

Sejak diunggah hingga hari ini, Senin (20/8/2018), video ini dibanjiri komentar, baik di YouTube maupun Instagram. Ada yang mengingatkan bahwa lagu Indonesia Raya seharusnya tidak boleh digubah, ada juga yang membela karena aransemen buatan Alffy Rev tidak menurunkan martabat lagu tersebut.

Alffy Rev sendiri sudah memberi penjelasan terkait aransemen lagu Indonesia Raya itu. Di bagian atas deskripsi video, dia menegaskan bahwa video itu bukan untuk tujuan komersial.

Source :

detik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


4 × three =