Tiap Bulan, 17 Warga Riau Terinfeksi HIV, Totalnya 171 Kasus Baru Ditemukan Selama Januari-Oktober

Source: Internet

 

Sejak awal tahun 2017 hingga bulan Oktober, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau mencatat, terjadi pernambahan jumlah pengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV) baru sebanyak 171 orang. Sedangkan total pengidap HIV di Riau sejak tahun 2004 hingga 2017 mencapai 2.488 orang.

Kepala Diskes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menyebutkan dari jumlah tersebut, rata-rata penambahan Odha (orang dengan HIV/Aids) di Riau setiap bulannya bertambah 17 orang.

“Itu belum data keseluruhan, karena tidak semua ODHA mau memeriksakan kesehatannya. Mereka terpengaruh stigma dan diskriminasi,” urai Mimi kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Jumat (1/12/2017).

Dikatakan Mimi, virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Namun, tidak perlu khawatir karena virus ini dapat ditekan dengan meminum obat anti-retroviral (ARV).

“Odha harus rutin meminum obat ARV, ini dapat memperlambat bertambah parahnya penyakit serta mencegah infeksi sekunder dan komplikasi. Banyak juga yang akhirnya jadi sehat,” tuturnya.

Adapun rincian kasus baru HIV yang ditemukan di Riau selama Januari-Oktober 2017, sebagai berikut: Kota Pekanbaru 73 kasus, Dunai 27 kasus, Kabupaten Bengkalis 27 kasus, Pelalawan sepuluh kasus, Rokan Hilir (Rohil) tujuh kasus.

Kemudian, Kampar nihil, Indragiri Hilir (Inhil) dua kasus, Siak dua kasus, Rokan Huku (Rohul) nihil, Kepulauan Meranti satu kasus, Indragiri Hulu (Inhu) satu kasus, dan Kuantan Singingi (Kuansing) satu kasus.

Source :

Go Riau

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


8 + twenty =