Forikan Siak Gencarkan Kampanye Gemarikan

Foto:riau24

 

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Siak bersama Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Siak, kembali mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan melalui Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kecamatan Sabak Auh.

Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah mengatakan, ikan sebagai sumber protein sangat relevan untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus bisa meningkatkan kemandirian ekonomi berbasis pada perikanan.

“Gemarikan adalah suatu gerakan moral untuk bisa memotivasi masyarakat mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia yang sehat, cerdas dan kuat,” kata Rasidah di halaman kantor Camat Sabak Auh, Kamis (2/8/2018) pagi.

Kampanye gemarikan ini, lanjutnya, adalah untuk menumbuhkan kesadaran kepada seluruh lapisan masyarakat agar mengkonsumsi ikan. Karena nilai gizi pada ikan sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

“Dengan mengkonsumsi ikan secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sangat berguna untuk kecerdasan dan tumbuh kembang anak terutama pada masa 1000 hari kehidupan pertama anak,” jelasnya.

Setelah kegiatan ini ia berharap, semakin meningkatkan kesadaran masyarakat mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang cukup. Selain itu gemar makan ikan Harus ditanamkan sejak usia dini hingga dewasa.

Sementara itu di tempat terpisah Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Siak, Susilawati mengatakan, kampanye makan ikan adalah salah satu sarana promosi edukatif yang dilakukan bekerja sama dengan Forikan Kabupaten Siak untuk mendorong kreativitas para ibu dalam mengolah ikan serta mempromosikan makan ikan kepada masyarakat luas.

Dengan demikian gerakan peningkatan komsumsi ikan akan menjadi masif dan cepat sampai ke tingkat desa. Tingkat konsumsi ikan di tengah masyarakat diharapkan terus meningkat seiring dengan upaya meningkatkan hasil produksi perikanan di Kab. Siak, baik produksi budi daya maupun hasil tangkap.

“Sejak dicanangkan program ini, tahun 2016 angka konsumsi perkapita makan ikan sebesar 31,49 persen dan tahun 2017 meningkat menjadi 38, 69 persen,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan kegiatan tarian, menyanyi gemar makan ikan, serta mendongeng dan makan ikan bersama yang diikuti oleh ratusan anak TK dan Paud se-Kecamatan Sabak Auh.

Tampak hadir Camat Sabak Auh, pengurus Forikan Kabupaten Siak, Upika Sabak Auh, Ketua Forikan Kecamatan Sabak Auh dan narasumber Muhammad Syahril dari SMA Islamic Center Siak dan staf Dinas Peternakan dan Perikanan kab Siak.

Source :

riau24

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


1 × 3 =