Bangun 400 Sekat Kanal dan 311 Sumur Bor, BRG Berkunjung ke AJI Kota Pekanbaru

Source: Internet

 

Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut (BRG), Mirna Savitri berkunjung ke sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pekanbaru Jalan Semangka pada Kamis (13/12).

Mirna dan rombongan langsung disambut Ketua AJI Kota Pekanbaru, Firman Agus dan jajaran. Pada kesempatan itu, Firman Agus menyambut baik kedatangan Mirna dari BRG ini, karena memang jurnalis memerlukan pengetahuan tentang restorasi gambut di Riau.

“Riau sering mengalami kebakaran hutan dan lahan, namun selama ini masyarakat Riau belum mengetahui secara luas apa kerja BRG. Untuk itu, AJI Kota Pekanbaru yang beranggotakan jurnalis dari berbagai media nasional dan lokal Riau, siap memantau dan mengontrol kerja BRG,” ungkap Firman.

Sementara itu, Mirna menjelaskan tentang apa yang telah dikerjakan BRG di Riau selama tahun 2017. Semester pertama tahun 2017 dilakukan perencanaan dan semester kedua tahun 2017 pelaksanaan kegiatan.

“Pelaksanaan kegiatan baru efektif bisa dilakukan semester kedua 2017. Kegiatan ada yang swakelola skala besar (menimbun kanal dll).
Swakelola dengan LPPM Universitas, dan swakelola langsung dengan masyarakat melalui Kelompok Kerja Masyarakat (Pokmas).

“BRG lakukan pendampingan dalam menjalankan kegiatan berupa membuat sekat kanal sebanyak 400 sekat kanal dan 311 sumur bor. Sekat kanal ini masih di luar konsesi, karena aturannya untuk restrasi pemilik konsesi harus membuat perencanaannya, dan BRG akan lakukan supervisi,” ungkap Mirna.

Supervisi, kata Mirna, memerlukan kerjasama, dan harus bekerja di lokasi yang akan disupervisi. Untuk itu mohon dukungan wartawan, saat berjalan supervisi perlu dilakukan kontrol oleh wartawan.

“Dana untuk kegiatan BRG 2017 sebesar Rp 800 milliar, namun dirasionalisasi menjadi Rp 400 milliar untuk tujuh provinsi. Dari total kegiatan, 70 persen sudah terlaksana,” jelas Mirna.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


12 − 4 =