Ciptakan Zero Fire, PT RAPP Gelar Wildland Firefighter 5 Diikuti 150 Peserta dari 5 Provinsi

Source: Internet

 

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Senin (27/11/2017) pagi, resmi menyelenggarakan kompetisi bertema Wildland Firefighter ke-5, yang diikuti 150 peserta dari lima provinsi diantaranya Riau, Sumut, Jambi, Kalimantan Timur dan Sumbar.

Kompetisi yang dibagi menjadi 28 tim itu akan menguji kemampuan ratusan Firefighter dalam lima kategori penilaian, diantaranya kecekatan pemadaman, presentasi, gulungan selang, Samapta beregu, backpack pum War serta adu cerdas cermat.

Ini bertujuan untuk menciptakan zero fire dengan strategi yang tepat, sehingga penanganan kebakaran lahan dan hutan berjalan maksimal di Provinsi Riau. Memang saat ini, skil firefighter itu cukup menunjukkan bukti, dengan tidak ada lagi bencana asap.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edward Sanger saat menjadi inspektur Apel pergelaran kompetisi mengatakan, apa yang dilakukan PT RAPP tersebut sangat diapresiasi, di mana sangat bermanfaat dan dapat membantu pemerintah dalam pelaksanaan antisipasi Karhutla.

“Kita (Riau, red), sudah dua tahun berturut-turut sukses mencegah terjadinya bencana asap. Ini upaya kerjasama yang efektif dari seluruh stake holder, termasuk perusahaan. Ini ingin Riau bebas asap,” terangnya dihadapan ratusan firefighter yang mengikuti kompetisi.

“Dengan acara ini, setidaknya meningkatkan kemampuan sehingga selalu dapat diandalkan membantu pemadaman. Kita berterima kasih kepada RAPP, yang juga menjaga lahan sendiri bahkan membantu pemadaman di daerah lain,” sebutnya.

Terpisah, Sulaiman selaku Ketua Panitia dan Insiden Comander Firefighter PT RAPP menjelaskan, 28 tim ini merupakan utusan dari beberapa perusahaan rekanan RAPP, bahkan pula diikuti Damkar Kabupaten Pelalawan, BPBD Pelalawan dan Bengkalis.

“Jadi tujuh materi itu yang nantinya kita uji, dan sesuai temanya, sasaran Zero Fire tentu harus ada kemampuan yang handal dari personel. Untuk mencitakan Zero Fire mesti harus punya strategi, ketangkasan dan taktik, yang semuanya ada pada kompetsi ini,” sebut Sulaiman.

Kata dia, kegiatan ini rutin dilakukan sejak lima tahun belakangan (Kecuali 2016). Tercatat pada 2015 lalu, yang berhasil menyabet juara satu dalam kompetisi serupa adalah Firefighter Estate Ukui PT RAPP. Sedangkan tahun ini, kompetisi akan berlangsung hingga 1 Desember 2017 nanti.

Selain peresmian dimulainya kompetisi, acara turut dimeriahkan dengan penampilan firefighter dari PT RAPP yang menunjukkan kecekatannya dalam penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), termasuk aksi bela diri melawan pelaku pembalakan liar.

Selain itu, Edward Sanger yang diundang dan menjadi inspektur apel juga melakukan penyematan secara simbolis tanda peserta. Acara ini juga dihadiri langsung oleh Fire And Aviation Manager PT RAPP Yuneldi, GM Social Kapital Capital Matius Ewanto, Fire Coordinator Riau Fiber Kerinci Ian Wevel, SHR Manager Widjatmoko dan Roni Hasfikar.

Adapun kompetisi ini digelar di lapangan Sola Gratia Jalan Tanjuk Datuk, Kota Pekanbaru Riau. Untuk diketahui, PT RAPP memiliki sekitar 700 personel Firefighter yang tersebar di lima area RAPP di Provinsi Riau. Mereka berjibaku menjaga Negeri Lancang Kuning bebas dari Karlahut dan bencana asap.

Source :

Go Riau

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


13 + 16 =