Diduga Bakar Lahan, Seorang Warga Pangkalan Kuras, Pelalawan Ditangkap

Source: Internet

 

Jajaran Polres Pelalawan melalui Polsek Pangkalan Kuras berhasil mengamankan seorang pelaku pembakaran lahan dan hutan (Karlahut). Pelaku berinisial AS, 39 warga desa Kesuma kecamatan Pangkalan Kuras, diamankan Selasa (3/10/17) sekira pukul 16.30 WIB.

AS ditangkap saat berada tidak jauh dari lahannya yang sedang terbakar di kawasan TNTN Dusun V Bukit Makmur desa Kesuma. Penangkapan AS dilakukan oleh Tim Satgas Darat Karhutlah Polsek Pangkalan Kuras yang dipimpin oleh Kapolsek Pangkalan Kuras KOMPOL ALI ARDI, SH.,M.Si bersama dengan Balai TNTN yang pada saat itu sedang melaksanakan patroli di kawasan TNTN.

Dilapangan tim menemukan lahan kosong seluas sekira empat hektar yang di duga dibakar oleh pelaku dan saat dintrogasi di TKP, pelaku mengakui dirinya yang membakar lahan miliknya yang sedang terbakar tersebut.

Saat penangkapan terhadap AS diperoleh juga barang bukti berupa korek api gas (mancis) yang di gunakan untuk membakar lahan kosong tersebut.

Tidak itu saja, dihadapan tim Satgas Karhutlah AS berterus terang bahwa lahan yang dibakar rencananya akan ditanami kelapa sawit, dan sebagian lainnya juga telah ditanami padi.

“Saat ini palaku AS beserta barang bukti berupa satu buah mancis telah diamankan di Mapolsek Pangkalan Kuras guna proses hukum lebih lanjut,” terang Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK, Rabu (4/10/17).

Pihaknya kata Kapolres akan selalu melakukan patroli Karlahut walaupun sudah memasuki musim hujan karena kegiatan patroli ini dimaksudkan untuk mencegah dan membuat jera masyarakat yang melakukan pembakaran lahan.

“Pembakaran lahan ini membawa dampak timbulnya asap sehingga mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat,” pungkas Kapolres.

Source :

Riau Terkini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


one × one =