Mari Jaga Lahan dari Kebakaran

Source: Internet

 

Beberapa pekan terakhir, cuaca di Provinsi Riau panas menyengat. Kondisi ini membuat masyarakat risau, akan terjadi kebakaran lahan dan hutan lagi. Tentunya, trauma dengan kabut asap, menjadi perhatian kita semua.

Kita masih ingat, tahun 2014 lalu, menjadi catatan kelam dalam sejarah kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Riau. Asap mengepung hampir di seluruh wilayah Riau, seluas 22.037 hektare lahan hangus terbakar. Total kerugian diperkirakan hingga Rp 20 triliun.

Tahun 2015, lahan terbakar berkurang 5.595,5 hektare dari 22.037 hektare di tahun sebelumnya. Namun asap tetap menyelimuti Riau, karena kiriman dari daerah tetangga. Barulah pada tahun 2016, penurunan sangat signifikan dari total 5.595,5 hektare tahun 2015, turun menjadi 2.348,6 hektare. Inilah sejarah mencatat setelah 18 tahun barulah Riau bebas asap.

Kita patut bersyukur, sejak 18 tahun barulah tahun 2016 hingga saat ini, Riau bebas dari kabut asap. Kondisi ini harus terus dipertahankan. Saya telah mengintruksikan Tim Satgas terus melakukan pencegahan dan pemadaman api.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sepanjang Januari hingga Oktober 2017 BPBD Riau mencatat ada seluas 1.326,27 hektare lahan lagi yang terbakar. Ini artinya, penurunan luasan lahan terbakar sampai 80 persen.

Hanya tiga wilayah di Riau yang lahannya terbakar. Ketiga wilayah itu yakni, Inhu dengan luasan 453 hektare, Rohil 384 hektare luas lahan terbakar, dan Kepulauan Meranti dengan 236 hektare luas lahan terbakar.

Secara rutin, saya mendapatkan laporan terkait perkiraan cuaca dan hotspot di Provinsi Riau. Terus kita pantau dan lakukan pencegahan. Saya pun diberbagai kesempatan selalu menyampaikan agar masyarakat tidak lagi membakar dalam membuka lahan.

Mari sama-sama kita menjaga, jangan sampai ada kebakaran lagi. Kepada camat dan kepala desa, yang berada langsung di lapangan. Saya berpesan, untuk melakukan tindakan cepat apabila ada lahan yang terbakar. Koordinasikan dengan Satgas supaya cepat dilakukan pemadaman.

Tentunya kita sama-sama berdoa, semoga Riau bebas asap.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


6 − four =