Resahkan Warga, BBKSDA Riau Segera Relokasi 4 Harimau

Source: Internet

 

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, mengaku telah mendatangi lokasi kemunculan empat ekor harimau di salah satu desa di Kecamatan Gunung Sahilan. BBKSDA pun segera menyusun strategi. Tim BBKSDA Riau langsung mengecek lokasi ini. Tim ini dipimpin oleh Kabid KSDA Wilayah I, Mulyo Hutomo, pada Rabu (16/11/2017) lalu.

Saat meninjau itu, terlihat BBKSDA menemukan beberapa jejak kaki harimau. Ada yang ukuran kecil, ada yang besar.

Mulyo Hutomo mengaku, temuan ini akan tindaklanjuti. “Kita akan pasang kamera-kamera trap. Nanti akan kita turunkan tim yang selalu patroli di sana,” kata dia.

Terkait dengan permintaan warga untuk merelokasi empat harimau ini, dia menyebut bahwa ada prosedur yang dilalui. “Kita intensifkan patroli untuk memastikan, keberadaan dan jumlah harimau ini. Setelah itu, baru kita membahas strategi untuk merelokasinya,” sebut Hutomo.

Pembahasan ini akan mengikutsertakan organisasi Forum Harimau, dan WWF. “Langkah apa yang kita ambil, kita duduk bersama dulu. Apa tindakan kita terhadap satwa ini,” sebutnya.

Strategi ini juga perlu matang, karena harimau sedang bersama anak-anaknya. Jika dipasang kerangkeng, namun yang tertangkap hanya anak, maka sang induk akan mengamuk.

“Ini bisa brutal induk harimaunya. Bisa saja orang di sekitar diserang,” kata dia.

Hutomo menilai, wajar saja ada harimau di sekitar itu. Sebab, ini adalah habitatnya. Namun sekarang, hutan yang asli hanya tersisa sekitar 10 hektare. Kemungkinan lain, harimau menyeberang dari hutan adat larangan yang berdekatan dengan kebun itu.

“Hutan yang tersisa ini, di tengah-tengah kebun yang ada. Seperti pulau. Di sinilah kemungkinan harimau itu bersembunyi,” sebutnya dilansir riausky.com.

Dijelaskannya, harimau ini akan mencari makan keluar. Salah satunya babi. Setelah kenyang, maka harimau kembali ke tempat peristirahatannya. Harimau ini juga akan sering keluar, karena diduga induk betina sedang melatih anaknya berburu.

Source :

Harian Riau

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


1 × 5 =