Satelit Pantau Karhutla di Bengkalis

Source: Internet

 

Satelit modis terra dan aqua Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya 61 titik panas (hotspot) di Sumatera, Selasa 24 Oktober 2017.

Sebaran titik panas itu antara lain di Aceh sebanyak 43 titik, Dumut 10 titik, Sumatera Barat 4 titik, Riau 2 titik, dan Bengkulu serta Sumatera Selatan masing-masing 1 titik.

Khusus untuk wilayah Riau, dua titik panas tersebut terdapat di Kabupaten Bengkalis dan Pelalawan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi menyebut, dari dua titik panas di Riau tersebut, satu diantaranya terindikasi kuat merupakan kebakaran hutan dan lahan.

“Titik panas yang terindikasi kuat merupakan kebakaran hutan dan lahan dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen ada satu titik, yaitu di Kabupaten Bengkalis,” sebutnya.

Sementara itu, untuk suhu maksimal di Riau hari ini masih cukup panas, yaitu 35 derajat celcius, dengan kelembaban maksimal 96 persen dan minimal 48 persen.

Slamet juga mengatakan, pada malam hari ini, cuaca di Riau cenderung cerah berawan. “Potensi hujan ringan bisa terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, dan Kota Dumai.

Source :

Riau 24

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


five + 1 =