Sekat Kanal Diusulkan di Empat Kecamatan

Source: Internet

 

Sebagai langkah pencegahan terhadap munculnya masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rohil telah mengusulkan pembuatan sekat kanal atau kanal blocking kepada Provinsi Riau. Sekat kanal yang telah diusulkan ini tersebar di empat kecamatan yang sangat rawan terhadap munculnya masalah karhutla.

‘’Sekat kanal sudah kami usulkan ke provinsi untuk empat kecamatan yang ada di Rohil ini,’’ kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Rohil, Suta Wirapraja yang ditemui Riau Pos, Senin (9/10) di Bagansiapi-api.

Daerah-daerah yang diusulkan itu, lanjut pria yang akrab disapa Wira ini menambahkan di Kecamata Kubu meliputi Kepenghuluan Sei Segajah, Kepenghuluan Sei Segajah Jaya, Sei Segajah Makmur, Teluk Piyai Pesisir dan Tanjung Leban. Kemudian di Kecamatan Tanah Putih yang dipusatkan di Kepenghuluan Kampung Mumugo sebanyak empat titik.

Selanjutnya, tambah Wira, yakni di Kecamatan Bangko Pusako sebanyak dua titik yang dipusatkan di Kepenghuluan Teluk Bano I. Serta di Kecamatan Bangko terdapat di Kepenghuluan Labuhan Tangga Baru, Labuhan Tangga Hilir, Labuhan Tangga Besar serta Labuhan Tangga.

‘’Ini sudah kami usulkan ke Provinsi Riau,’’ kata Wira seraya menambahkan sampai sejauhmana realisasi Dinas Lingkungan Hidup Rohil masih menunggu informasi dari Provinsi Riau.

Pria yang gemar bersepeda ini menambahkan, keberadaan sekat kanal terutama di daerah rawan terhadap karhutla, sangat penting. Terutama dapat menjaga keutuhan ketersediaan air. Gilirannya lahan gambut tetap tetap basah. Sehingga sulit munculnya titik panas. ‘’Keuntungan lainnya yakni dengan sekat kanal, ketersediaan air mudah untuk didapatkan,’’ kata Wira.

Seiring dengan itu, lanjut Wira, Kabupaten Rohil masih memiliki beberapa daerah rawan terhadap munculnya karhutla. ‘’Daerah yang mau membuat sekat kanal itu, ternyata baru daerah yang itu tadi. Untuk daerah lainnya, kami masih menunggu usulannya dari pihak kecamatan masing-masing,’’ kata Wira.

Source :

Riau Pos

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


11 − six =