Selamatkan Hewan Langka dari Kepunahan

Source: Internet

 

Persoalan lingkungan hidup di Riau khususnya dan di Kabupaten Bengkalis umumnya dinilai kian kompleks dan pelik. Tegakan hutan sudah sangat minim. Hutan tersisa terus pula digerogoti manusia dengan berbagai cara.

Di lain sisi, satwa asli Riau seperti gajah dan harimau pun semakin terjepit. Habitatnya kian menyempit. Mereka terus-menerus terpinggirkan oleh hiruk-pikuk manusia. Baik dengan dalih pembangunan maupun unsur keserakahan bisnis yang ditukangi para kapitalis.

Kenyataan tersebut kian merisau para peneraju LSM lingkungan di negeri ini. Salah satunya dari LSM Rimba Satwa Foundation (RSF) yang bermarkas di Duri.

‘’Di tengah makin menciutnya tegakan hutan di negeri ini dan makin terjepitnya satwa liar seperti gajah, kami melihat bahwa perhatian dari pemerintah daerah masih belum memadai,’’ kata Ketua RSF Zulhusni Syukri pada Riau Pos di Duri akhir pekan lalu.

Menurut Husni, upaya konkret dari pemerintah daerah untuk ikut menopang program BBKSDA dalam melestarikan gajah pun belum tampak nyata hingga kini.

‘’Begitu juga upaya untuk menghutankan kembali kawasan suaka margasatwa Balai Raja sebagai salah satu kantong dan habitat gajah Sumatera di daerah ini. Hingga kini kami juga belum melihat program nyata untuk menghutankan kembali kawasan SM Balai Raja itu,’’ ujar Husni.

Menurut dia, kekurangpedulian pemerintah daerah dalam upaya ikut melestarikan hutan dan penyelamatan satwa langka di negeri ini tidak bisa lagi dipertahankan. Soalnya hutan di negeri ini sudah sangat minim dan satwa asli daerah ini pun sudah di ambang kepunahan pula.

‘’Karena Pilgubri 2018 sudah di ambang pintu, kami dari kelompok pencinta hutan, lingkungan, dan satwa langka minta dengan sangat agar setiap calon Gubri yang bakal maju tahun 2018 mempunyai program nyata dan tegas untuk penyelamatan lingkungan hutan dan satwa terancam punah. Itu sangat diperlukan demi penyelamatan lingkungan demi pembangunan yang berkelanjutan,’’ pungkasnya.

Source :

Riau Pos

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


20 − 18 =