Siswa di Kuansing Belajar Pengelolaan Lingkungan di RAPP Estate Cerenti

Source: Internet

 

Sebanyak 30 orang siswa SMA yang ada di Kuantan Singingi (Kuansing), Riau melihat secara langsung pengelolaan lingkungan yang dilakukan PT Riau Andalan Pulp and Paper di Estate Cerenti, Selasa (21/11/2017).

Tak hanya siswa penerima beasiswa, kegiatan ini juga diikuti enam guru pendamping dan tiga orang mitrabina RAPP. Adapun siswa dan guru berasal dari SMAN 1 Benai, SMAN 1 Gunungtoar, SMAN 2 Kuantan Mudik, SMKN 1 Benai, SMAN 2 Kuantan Tengah dan MAN Telukkuantan.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Estate Manager Nuzirwan Caniago didampingi Askep Forest Protection Ramadhan, Herlan askep SGR dan disupport oleh tim lapangan Ismed Inono dan M Idris Tim CD serta Supardi dan Romulus dari Environment.

Dikatakan Nuzirwan, pada kegiatan ini para siswa bersama guru dan LKD dikenalkan dengan kegiatan pengelolaan lingkungan, perbanyakan anakan kayu alam untuk rehabilitasi dan tidak ketinggalan pemahaman penjagaan hutan serta penanggulangan bahaya kebakaran oleh tim fire protection.

Nuzirwan menyampaikan pentingnya edugreen ini sebagai langkah awal dalam memberikan pengetahuan kepada para siswa dan guru, dimana ini juga sebagai bagian dari kita managemen perusahan dalam merespons perubahan iklim.

“Kita mencoba melakukan hal-hal yg bisa kita perbuat sebagai bentuk kontribusi kita kepada lingkungan,” ujar Nuzirwan.Sementara itu, Asmaryadi Wakil Kepsek SMA 2 Kuantan Tengah Mewakili para peserta menyampaikan apresiasi terhadap kepedulian PT. RAPP. Menurutnya, selain para siswa mendapatkan beasiswa prestasi juga mendapat pendidikan lingkungan, pengenalan jenis-jenis pohon komersil kehutanan seperti kulim, meranti dan lain sebagainya.

“Kondisi anak-anak sekarang sudah banyak yg tidak mengenal jenis pohon selain hanya sekedar pernah mendengar namanya saja,” ujar Asmaryadi. Ia sangat mengharapkan kegiatan bisa berlanjut untuk masa mendatang.

Kegiatan ditutup dengan kunjungan lapangan ke hutan kinservasi KPPN (Kawasan Pelestarian Plasma Nutfah) serta pemberian doorprize kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan panitia.

Source :

Go Riau

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


5 − two =