Dirjen Haji dan Dubes Lepas Pemulangan Perdana Kloter Jemaah Haji

Foto: Dok MCH 2018

 

Penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 2018 ini sudah memasuki fase pemulangan. Kloter PLM 1 atau Palembang 1 menjadi kloter pertama yang pulang ke Indonesia.

Prosesi pemberangkatan dilakukan di hotel 1004 Wafa El Ehsan, Misfalah, Mekah, Senin (27/8/2018) dinihari. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali dan Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel memberangkatkan langsung rombongan.

Dalam sambutannya, Nizar menyampaikan bahwa dia meyakini para jemaah haji mendapatkan predikat mabrur. Namun dia mengingatkan kepada para jemaah untuk menjaga predikat tersebut mulai sekarang sampai akhir hayat.

Dirjen Haji dan Dubes Lepas Pemulangan Perdana Kloter Jemaah Haji
Foto: Dok MCH 2018

“Saya yakin bapak dan ibu sekalian mendapatkan haji mabrur. Kalau sudah begitu harus dipelihara sepanjang hayat,” ujar Nizar.

Cara memeliharanya, lanjut Nizar, ada dua. Pertama dengan meningkatkan kualitas ibadah keagamaan dan kedua adalah dengan meningkatkan ibadah yang berkaitan dengan kehidupan sosial.

“Dengan cara meningkatkan amal ibadah, baik itu ibadah mahdoh maupun meningkatkan kesalehan sosial,” ujar Nizar.

Sedangkan Dubes Agus mengucapkan terima kasih kepada para jemaah haji karena selama berada di Arab Saudi mampu menjaga sikap sehingga mendapatkan apresiasi tinggi dari pemerintah Arab Saudi.

“Jemaah Indonesia dipuji tinggi oleh Kerajaan Arab Saudi. Meski jumlahnya terbesar namun bisa menjaga kerapian dan tertib,” ujar Agus.

Selepas kloter Palembang 1 ini, akan bertolak juga Kloter 14 Embarkasi Surabaya kira-kira satu jam setelahnya. Menyusul kemudian Kloter 11 Jakarta-Bekasi, Kloter 1 Padang, Kloter 14 Jakarta Bekasi, dan Kloter 3 Jakarta-Pondok Gede.

Source :

detik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


eleven + two =