Distribusikan Surat Suara Pilkada Riau, KPU Gelar Salat Hajat

Photo: Liputan6.com/M Syukur

 

Masyarakat Riau pada Rabu 27 Juni 2018 besok menentukan siapa pilihannya untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara sudah mulai mendistribusikan surat ke ribuan TPS yang ada.

Sebelum pendistribusian, beragam kegiatan pun dilakukan, salah satunya doa. Seperti yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu. Di sana, dilaksanakan salat hajat sebelum surat suara dari KPU diangkut memakai sejumlah truk.

Usai salat dan doa selama beberapa menit, iring-iringan truk pembawa surat suara dilepas Bupati Rokan Hulu H Sukiman. Ada Sembilan kecamatan dengan ratusan desa dan TPS tujuan distribusi surat suara yang berisi empat calon gubernur dan wakilnya itu.

“Pelepasan dilaksanakan di taman kota Pasir Pangaraian,” ujar Kapolres Rokan Hulu AKBP M Hasyim Risahondua SIK, Senin 25 Juni 2018.

Menurut Hasyim, dalam Pilkada Riau, Polres dan TNI bekerjasama mengamankannya. Begitu juga dengan pendistribusian, di mana setiap truk dijaga polisi dan TNI supaya tak terjadi hal yang tak diinginkan.

“Mari jaga kondusifitas dan sukseskan pilkada,” kata Hasyim.

Dia menyebutkan, di setiap kecamatan berbeda jumlah TPS-nya karena jumlah penduduk. Jumlah polisi yang ditempatkan oleh KPU, kata Hasyim, juga beda sesuai dengan tingkat kerawanan keamanan.

“Semoga di Rokan Hulu berjalan aman, tertib, lancar, dan sukses,” harap Hasyim.

Distribusi Surat Suara

Sementara itu, Ketua KPU Rokan Hulu Fakhrizal menyebutkan, distribusi surat suara dan logistik bertujuan ke Kecamatan Tambusai, Tambusai Utara, Bonai Darussalam, Kunto Darussalam, Pagaran Tapah Darussalam, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu, Rokan IV Koto, dan Pendalian IV Koto.

“Daerah yang jauh dari ibu kota kabupaten diutamakan dulu,” tutur Fakhrizal.

Dia mengatakan, pemberangkatan logistik tahap pertama difokuskan di 9 Kecamatan yaitu Kecamatan Tambusai, Tambusai Utara, Bonai Darussalam, Kunto Darussalam, Pagaran Tapah Darussalam, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu, Rokan IV Koto, dan Pendalian IV Koto.

“Logistik diusahakan didistribusikan ke daearah yang jauh dari ibukota dulu,” jelas Fahrizal.

Sedangkan menurut Bupati Rohul Sukiman, tujuan salat hajat adalah meminta kepada Tuhan supaya perhelatan Pilkada di Riau, khususnya Rokan Hulu berjalan lancar dan aman.

Dia juga mengajak masyarakat Rokan Hulu ikut mendoakan agar pendistribusian logistik dan surat suara Pilkada 2018 berjalan aman, lancar dan tiba di tujuan dengan selamat.

“Semoga tidak ada kendala dan masyarakat bisa menyalurkan hak politiknya,” ucap Sukiman.

Salat ini diimami H Surya Darma. Salat diikuti Bupati Rokan Hulu H Sukiman, Kapolres AKBP M Hasyim Risahondua SIK, Ketua KPU Rokan Hulu Fakhrizal, dan sejumlah penyelenggara negara.

Source :

liputan6

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


18 − 10 =