Eko Yuli, Lifter Pertama Indonesia Rebut Emas Asian Games

Foto : REUTERS/Darren Whiteside

 

Eko Yuli Irawan mencetak sejarah sebagai lifter pertama Indonesia yang mampu meraih medali emas di Asian Games setelah menjadi pemenang pada nomor 62 kilogram putra pada Asian Games 2018, Selasa (21/8).

Eko berhasil meraih medali emas nomor 62 kilogram pada pertandingan yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran. Atlet 29 tahun itu mencatatkan angkat snatch 141 kilogram dan 170 kilogram clean and jerk dengan total angkatan 311 kilogram.

Lifter 29 tahun itu berhasil mengalahkan wakil Vietnam Van Vinh Trinh yang berhasil melakukan total angkatan 299 kilogram. Sedangkan medali perunggu direbut lifter Uzbekistan Adkhamjon Ergashev.

Medali emas yang direbut Eko Yuli sangat bersejarah. Pasalnya, ini adalah kali pertama Indonesia mampu merebut emas dari cabang angkat besi di Asian Games. Sebelumnya, Indonesia mengoleksi lima perak dan 13 perunggu di Asian Games.

Presiden Jokowi mengalungkan medali emas Asian Games 2018 kepada Eko Yuli.
Presiden Jokowi mengalungkan medali emas Asian Games 2018 kepada Eko Yuli. (REUTERS/Darren Whiteside)

Eko Yuli sendiri menambah deret medali yang diraihnya di Asian Games. Sebelumnya, pengoleksi empat medali emas SEA Games itu berhasil meraih medali perunggu di Asian Games 2010 dan 2014 di kelas 62 kilogram.

Eko Yuli memang tidak pernah mengecewakan olahraga Indonesia. Atlet asal Lampung itu selalu mampu mempersembahkan medali untuk Indonesia setiap diandalkan di ajang multi-cabang. Eko Yuli bahkan selalu mampu mempersembahkan medali bagi Indonesia setiap tampil di Olimpiade.

Setelah merebut medali perunggu Olimpiade 2008 kelas 56 kilogram dan perunggu kelas 62 kilogram di Olimpiade London 2012, Eko berhasil merebut medali perak di kelas 62 kilogram pada Olimpiade Rio 2016.

Source :

cnnindonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


four × 4 =