Hari Farmasi se-Dunia, Kampanyekan DAGUSIBU di Rumah Sakit se-Riau

Photo: halloriau

 

Memperingati hari farmasi se-dunia yang jatuh tanggal 25 September 2018, Himpunan Seminat Rumah Sakit (HISFARSI) Ikatan Apoteker Indonesia Daerah Riau mengadakan Kampanye Kesehatan Cerdas Menggunakan Obat dengan Metode DAGUSIBU (Dapat Gunakan Simpan Obat dengan Benar) oleh Apoteker Rumah Sakit se-Riau.

Kampanye dengan tema “Hello, I’m Pharmacist : Your Medicines Expert”  ini dilakukan serentak di seluruh rumah sakit se-Riau yang terdiri dari 10 rumah sakit pemerintah dan 13 rumah sakit swasta pada 12 Oktober 2018 mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Seperti yang dijelaskan oleh Ketua HISFARSI Ikatan Apoteker Indonesia Daerah Riau sekaligus Kepala Departemen Farmasi Eka Hospital Pekanbaru Winda Gusti Enda, SFarm, Apt, terdapat 3 tujuan mengapa diadakannya kampanye ini. Diantaranya, memperingati Hari Apoteker Dunia (World Pharmacists Day) 2018, mengenalkan dan mempublikasikan profesi apoteker pada masyarakat secara luas. Dan memberikan edukasi tentang penggunaan obat sebagai bagian dari pengabdian masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskan Winda, DAGUSIBU merupakan singkatan dari DApatkan, GUnakan, SImpanlah dan BUang. DApatkan di tempat yang terjamin yaitu apotek, GUnakan obat dengan benar. Penggunaan obat harus sesuai dengan aturan yang ada dalam kemasan atau resep dokter, SImpanlah obat sesuai petunjuk. Hal ini dilakukan agar obat tidak mudah rusak dan tetap berkualitas baik serta BUang obat yang telah rusak. Namun jangan dibuang sembarangan, agar tidak disalahgunakan.

Kampanye DAGUSIBU ditujukan ke pasien, pengunjung dan karyawan rumah sakit. Setelah diberikan edukasi, pasien, pengunjung dan karyawan diberikan souveneir DAGUSIBU. Diharapkan dengan diadakannya Kampanye DAGUSIBU ini, profesi apoteker semakin dikenal baik oleh masyarakat luas serta dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang obat.

Kampanye DAGUSIBU di Eka Hospital Pekanbaru dimulai dengan peragaan tarian DAGUSIBU di lobi oleh seluruh apoteker Eka Hospital Pekanbaru. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian edukasi DAGUSIBU kepada pasien dan pengunjung rawat jalan serta diakhiri dengan pemberian souvenir DAGUSIBU. Karyawan Eka Hospital Pekanbaru sendiri baik di pelayanan maupun di kantor, juga diberikan edukasi ini. Di Eka Hospital Pekanbaru, tak kurang dari 300 orang yang telah teredukasi pada kampanye ini.

Source :

halloriau

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


14 − 4 =