Memori Manis & Pahit Indonesia Ketika Berjumpa Hong Kong

Foto : Abi Yazid / Goal.com

 

Ini pertama kalinya Indonesia bertemu dengan Hong Kong di Asian Games.

Tim nasional (timnas) Indonesia U-23 bakal bertemu dengan Hong Kong pada laga terakhir grup A Asian Games 2018. Laga itu akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (20/8) malam.

Kedua tim dipastikan sudah lolos ke babak 16 besar. Namun begitu, masing-masing tim memastikan ingin merebut poin penuh pada laga ini agar bisa lolos dengan status juara grup.

Di sisi lain, ini adalah pertemuan pertama tim Merah Putih dengan Hong Kong di ajang Asian Games. Namun untuk berbagai ajang, Indonesia sudah beberapa kali bertemu dengan timnas negara tersebut.

Ada memori manis dan pahit yang dirasakan, meski levelnya adalah tim senior bukan U-23. Misalnya, pada Pra Olimpiade 1996, Indonesia berhasil menang dengan susah payah lewat gol tunggal Kurniawan Dwi Yulianto.

Selain itu, pada Pra Piala Asia 2000, Indonesia hanya bermain imbang di Stadion Mongkok, Hong Kong. Ketika itu, skuat Garuda sempat tertinggal satu gol lebih dulu, hingga akhirnya berhasil disamakan oleh gol Rochi Putiray di menit akhir pertandingan.

Memori pahit yang dirasakan adalah, ketika striker andalan Indonesia Boaz Solossa mengalami cedera parah saat beruji coba melawan Hong Kong di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 1 Juni 2007. Dalam pertandingan itu, sebenarnya secara skor Indonesia mendapatkan hasil manis dengan menang 3-0.

Petaka terjadi untuk pemain yang akrab disapa Bochi pada menit ke-70. Insiden itu diawali saat pemain asal Papua tersebut ingin mengirimkan bola ke Bambang Pamungkas, namun coba dihalau oleh pemain Hong Kong, Man Pai. Sialnya, adangan pemain Hong Kong tersebut tak langsung tertuju pada bola, tapi menjegal kaki Boaz, yang membuatnya patah tulang.

Boaz pun harus meninggalkan lapangan dengan menggunakan ambulans dan mengalami cedera panjang, yang membuatnya harus absen di Piala Asia 2007.

Source :

goal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


eleven − 10 =