PDI-P Akan Gelar Survey Elektabilitas Cagub Riau

PDI Perjuangan akan menyurvei elektabilitas atau tingkat keterpilihan lima peserta uji kelayakan dan kepatutan sebelum menetapkan satu di antara sebagai bakal calon gubernur Riau.
“Semua peserta fit and proper test belum membawa rekomendasi partai. DPP PDI-P menginstruksikan supaya segera dilakukan survei,” kata Ketua PDI-Perjuangan Riau Kordias Pasaribu, Rabu.
Kelima peserta “fit and proper test” di DPP PDI-P adalah Gubernur Riau sekaligus Ketua DPD I Partai Golkar Riau Arsyadjuliandi Rachman, Bupati Pelalawan sekaligus Ketua DPD II Golkar Pelalawan M Harris, anggota DPR/MPR M Lukman Edy, Bupati Indragiri Hulu sekaligus Ketua DPD II Golkar Inhu Yopi Arianto, dan Bupati Rokan Hilir Suyatno.
Meski belum satupun pasangan calon yang ditetapkan PDI-P, pihaknya tetap membutuhkan kejelasan untuk menghimpun koalisi mengingat posisi PDI-P tidak bisa mengusung sendiri pasangan calon dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.
“Artinya dengan posisi seperti ini, PDI-P butuh kepastian untuk berkoalisi dengan partai mana untuk memenuhi kuota 20 persen persyaratan untuk calon Gubernur ini,” kata anggota DPRD Riau asal Kota Pekanbaru itu.
Pihaknya telah menyampaikan hal itu ke masing-masing bakal calon gubernur yang dimaksud.
“Tentu para calon akan menuruti dan mempersiapkan apa yang disampaikan untuk dilengkapi. Baik itu pasangannya siapa, terus partai-partai mana yang sudah berkomunikasi. Karena kita tidak bisa mendukung sendiri,” tegasnya.
Pihaknya belum mengarahkan dukungan ke kandidat atau partai lain dalam Pilkada mendatang.
“Kita belum ada mengarahkan. Karena semakin dekat semakin dinamis,” tuturnya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


9 + three =