Polda Riau : Dugaan Perambahan Hutang Lindung Oleh PT DRT Tengah Proses Finishing

Photo: MI/Amiruddin Abdullah

 

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau,  Kombes Gidion Arif Setiawan mengakui dugaan perambahan hutan lindung oleh PT DRT Rohil tengah dalam proses Finishing

”Penanganan kasusnya sedang dalam proses finishing,” ungkapnya, Jum’a (12/10/2018).

Sejauh ini, sambung Gidion, pihaknya memang menemukan adanya temuan bahwa PT DRT menggunakan bahan kayu dari hutan lindung untuk membuat galangan kapal.

Namun, dari hasil pendalaman yang telah dilakukan. Seluruh bahan kayu yang digunakan PT tersebut, tidak semuanya merupakan bukan hasil kayu dari hutan lindung tersebut.

”Tidak semua bahan kayu digunakan dari hutan lindung itu,” ungkap Gidion.

Selain mendalami kasus yang melibatkan PT DRT tersebut, pihaknya juga melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Cara ini, lanjut Gideon dilakukan sebagai jalan keluar bagi masyarakat yang menggantungkan diri dari hutan tersebut.

”Pertemuan itu intinya sosialisasi, tujuannya, agar masyarakat mengerti, bahwa merambah hutan adalah kejahatan, dan pastinya merusak ekosistem lingkungan,” ujar Gidion.

Perlu diketahui, kasus yang diduga melibatkan PT DRT itu, berawal dari laporan dari Aktivitas Lembaga Pembawa Suara Pemberantas Korupsi Kolusi dan Kriminal Ekonomi Republik Indonesia (IPSPK3-RI) Provinsi Riau.

Ganda Mora selaku ketua IPSPK3-RI juga menyebutkan, selain merambah hutan lindung, pihaknya juga menemukan adanya usaha Panglong Arang yang diduga kuat milik Akeng yang juga milik PT DRT di Kelurahan Batu Tritip, Kecamatan Batu Sembilan, Kota Dumai.

Selain itu, menurut Ganda Mora, dari hasil investigasi bersama timnya, banyak temuan. Bahwa oknum pengusaha yang berasal dari luar Riau mengeksploitasi kawasan tersebut.

Paska dilaporkan, penyidik Ditreskrimsus langsung turun ke lapangan, untuk mengumpulkan bukti-bukti yang diperlukan sebagai bahan penyelidikan.

Source :

riauaktual

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


15 − 3 =