Wasit Laga Bali United-Persija Jakarta Tegaskan Bekerja Sesuai Aturan

Foto: Medcom

 

Wasit Jumadi Effendi memberikan reaksi atas penilaian minor terhadap kinerjanya ketika memimpin pertandingan antara Bali United dan Persija Jakarta di Stadion Dipta Gianyar akhir pekan kemarin.

Jumadi mengatakan, ia berpedoman pada Law Of Game FIFA pasal 5 tentang wasit. Menurutnya, wasit memiliki kuasa penuh atas jalannya pertandingan, termasuk menghentikannya bila terjadi insiden yang bisa mengganggu jalannya laga.

“Wasit memiliki kekuasaan untuk menunda, menghentikan, atau mengakhiri pertandingan untuk kebijakan dari setiap pelanggaran yang dilakukan pemain terhadap peraturan permainan sepakbola yang berlaku,” jelas Jumadi kepada Goal Indonesia.

“Kemudian juga menunda, menghentikan, atau mengakhiri pertandingan jika ada gangguan dari pihak luar. Menghentikan permainan jika ada pemain yang mengalami cedera yang parah, atau harus dibawa ke luar lapangan.”

Jumadi menambahkan, ia terpaksa menghentikan laga beberapa kali akibat cerawat yang disulut penonton. Di sejumlah negara, penyalaan cerawat membuat sejumlah laga dihentikan. Bahkan di Australia, klub bisa mendapat sanksi pengurangan poin.

“Ada aturan khusus di tiap negara yang menyelenggarakan pertandingan. Kalau di Indonesia, terutama Liga 1, flare adalah sesuatu yang dilarang, sehingga saat ada yang menyalakan, pertandingan harus dihentikan. Asap yang keluar bisa mengganggu pemain, sedangkan kembang api juga bisa membahayakan keselamatan pemain,” terangnya.

Sementara terkait dengan waktu tambahan yang tidak diangkat wasit keempat, Jumadi menjelaskan, hal itu sudah sesuai prosedur di laga yang tidak normal. Meski sudah dihentikan lebih dari tiga kali, suporter tetap menyalakan flare.

“Di babak kedua, di jam tangan saya ada perbedaan selisih 14 menit dari waktu normal pertandingan. Jadi saya menghentikan pertandingan di menit ke-104. Tidak ada tambahan waktu, karena situasi di stadion tidak kondusif, terus berulang kejadiannya. Semua ini kembali mengacu ke pasal lima,” tutupnya.

Source :

goal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


5 × five =