Jelang Puncak Arus Balik di Riau Truk dan Kendaraan Besar Belum Diizinkan Lewat

Photo: Tribun Pekanbaru/Rizky

 

PEKANBARU- Dinas Perhubungan memprediksi puncak terjadinya arus balik kendaraan di Riau pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu (20/6/2018).

Puncak arus balik ini bakal terjadi untuk semua moda transportasi baik udara, laut dan darat.

“Kalau prediksi kami puncak arus baliknya akan terjadi pada Rabu meskipun pada Selasa sudah mulai juga ramai yang balik, “ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Taufiq Usman Hamid kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (19/6/2018).

Menurut Taufiq pada Rabu tersebut merupakan hari terakhir libur lebaran, karena pada Kamis (21/6/2018) aktivitas kerja akan kembali dimulai baik itu yang pemerintah maupun swasta.

“Jadi Kamis sudah mulai masuk kerja makanya akan terjadi puncak arus balik, “jelas Taufiq.

Untuk ruas yang diwaspadai terjadi lonjakan kendaraan akan terjadi pada jalur Barat yang menghubungkan Riau – Sumatra Barat.

Diprediksi jumlah kendaraan sangat banyak yang melintas di jalur ini.

” Selain yang balik dari kampung halamannya juga orang yang pulang liburan dari Sumatra Barat, makanya jalur ini akan penuh, “ujar Taufiq.

Maka Taufiq menghimbau kepada masyarakat yang akan balik untuk tidak memaksakan diri mengendarai kendaraan, jika capek ataupun ngantuk hendaknya beristirahat di Rest Area yang ada.

“Pasti akan kecapean di jalan dengan ramainya kendaraan di jalanan, maka jangan dipaksakan istirahat saja jika capek dan tentunya diperhatikan juga keselamatan dan kesiapan kendaraan, “jelas Taufiq.

Selain jalur Barat juga menurut Taufiq jalur lintas timur dan Utara akan dipadati kendaraan pemudik dari berbagai daerah di Pulau Sumatra.

“Sampai saat ini truk dan kendaraan besar belum diizinkan untuk beraktivitas kecuali untuk pengangkutan sembako dan BBM, ini juga untuk memberi nyaman bagi pemudik, “jelas Taufiq.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


13 − ten =