Kena Perangkap Babi, Beruang Madu di Riau Diselamatkan Warga

Photo: news.detik

 

Seekor beruang madu terjerat di kawasan semak belukar Desa Junjungan, Batang Tuaka di Indragiri Hilir (Inhil) Riau. Beruntung cepat ketahuan, sehingga satwa dilindungi ini berhasil diselamatkan tim gabungan.

“Beruang madu yang terjerat ini bisa diselamatkan oleh tim gabungan. Beruntung belum ada luka di kaki beruang tersebut,” kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono kepada detikcom, Selasa (24/7/2018).

Haryono menjelaskan, tim gabungan penyelamatan satwa dilindungi ini dilakukan BBKSDA Riau bersama Polres Inhil dan perangkat desa setempat.

“Awalnya ada warga melapor ke jajaran Polres Inhil, ada beruang masuk jeratan. Dari sana pihak kepolisian melaporkan ke kita dan langsung bersama-sama ke lokasi untuk melakukan penyelamatan. Proses evakuasi juga dibantu Polhut,” kata Haryono.

Haryono menjelaskan, awalnya warga atas nama Giatman Sinaga melihat jeratannya di lokasi tertangkap beruang madu pada Sabtu (21/7) pagi. Niatannya jerat dipasang dengan sasaran babi.

“Mengetahui jeratannya yang masuk beruang madu, lantas melapor ke Polres Inhil,” kata Haryono.

Selanjutnya, pada Minggu (22/7) tim gabungan terjun ke lokasi. Untuk menuju ke lokasi, harus menggunakan perabu motor dengan menempuh waktu selama satu jam.

“Di lokasi tim rescue segera bekerja dengan cermat membebaskan satwa tersebut dari jeratan. Selanjutnya dibantu warga juga beruang di evakuasi ke perahu,” kata Haryono.

Evakuasi dari lokasi saat itu sudah malam hari. Beruang madu berkelamin berita umur sekitar 4 tahun itu dimasukan dalam kandang dan di bawa ke Tembilahan, Ibukota Kab Inhil. Pada Senin (23/7) akhirnya satwa ini bisa dibawa ke Klinik Transit untuk diserahkan ke drh Danang Estu Bagio bersama perawat satwa di BBKSDA Riau di Pekanbaru.

“Bila sudah selesai pengobatan dan pemulihan oleh tim medis, satwa tersebut akan segera dilepasliarkan kembali ke habitatnya sebagaimana satwa yang lain yang telah ditangani sebelumnya,” kata Haryono.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas kesadaran masyarakat akan pentingnya penyelamatan satwa. Terima kasih atas bantuan Polres Inhil dan jajarannya dalam upaya evakuasi beruang madu tersebut,” tutup Haryono.

Source :

news.detik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


12 + 14 =