KPPS Bikin Pelanggaran, 1 TPS di Riau Gelar Pencoblosan Ulang

Photo: shutterstock

 

Satu tempat pemungutan suara yakni TPS 003 di SDN 007 Jalan Negara Pekanbaru-Bangkinang Kilometer 42 Dusun Tiga Pulau Tinggi, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, akan melakukan pemungutan suara ulang untuk Pemilihan Gubernur Riau.

“Kemarin Rabu (27/6) pemungutan suara kita hentikan karena ada pelanggaran pemilu. Untuk surat suara yang kemarin, telah kita amankan sebagai barang bukti,” kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kampar, Marlisman, Kamis (28/6/2018).

Dia mengatakan pemungutan suara ulang (PSU) harus dilakukan karena pada hari pencoblosan, salah satu anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) diduga telah melakukan tindak pidana. Hal itu adalah melakukan pencoblosan sebanyak dua kali dengan alasan mewakili istri yang sakit.

“Calon tersangka sudah dimintai keterangannya dengan disertai saksi-saksi di kantor Panwascam Kampar”, tambahnya.

Untuk PSU, kata dia kemudian dilakukan pendistribusian KWK C6 pada dini hari. Pekerjaan itu dilakukan oleh anggota KPPS Pulau Tinggi tinggi lainnya dengan mendatangi langsung rumah-rumah warga. “Berdasarkan pemantauan hingga pukul 10 pagi ini, sebanyak 120 orang sudah melakukan pencoblosan,” imbuh Marlisman.

PSU tersebut juga dipantau langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan serta Koordinator Divisi Organisasi dan SDM, Gema Wahyu Adinata. Hadir juga dua Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Syapril Abdullah selaku Divisi Program dan Data serta Sri Rukmini, selaku Divisi Logistik.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan menyampaikan bahwa untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur terdapat lima TPS yang melakukan PSU. Dua TPS di Kabupaten Kampar, satu masing-masing di Kota Dumai, Siak, dan Rokan Hulu. Lalu ada satu TPS lagi PSU untuk pemilihan bupati dan wakil bupati di Indragiri Hilir.

Khusus untuk di Kabupaten Rokan Hulu, dia mengatakan bahwa itu adalah pemungutan suara lanjutan diakibatkan adanya bencana alam banjir. Pada hari pemungutan suara Rabu (27/6) lalu sekitar 70 orang warga masyarakat tidak dapat datang ke TPS karena lokasinya di seberang sungai.

“Untuk hari ini PSU hanya satu TPS, yang lainnya akan dilakukan pada Sabtu (30/6),” ungkap Rusidi Rusdan.

Source :

news.okezone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


3 × three =