Pemprov Jambi dan Investor Norwegia Kerjasama Tingkatkan Produktivitas Perkebunan

Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, S.TP, MA menjalin kerjasama dengan para investor dari berbagai negara khususnya di bidang perkebunan. Hal ini dilakukan oleh Pemda demi meningkatkan produktivitas di bidang perkebunan.

Adapun pertemuan yang dilakukan Pemprov Jambi dengan pihak investor yakni dengan pihak IDH (The Sustainable Trade Initiative) dari Norwegia untuk melakukan kerjasama di bidang Perkebunan.

Mengutip dari laman jambiprov.go.id, Sabtu (8/4), Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengatakan bahwa inti dari pertemuannya dengan salah satu investor dari luar negeri tersebut adalah untuk berdiskusi dengan pihak IDH (The Sustainable Trade Initiative) dari Norwegia guna membahas permasalahan peningkatan produktivitas perkebunan masyarakat yang berhubungan dengan pendapatan dan pelestarian alam.

Dalam pertemuan tersebut, dimana pihak Pemprov Jambi berdiskusi dengan pihak IDH membahas bahwa ada 8 negara yang tergabung dalam IDH ini dan kantor utamanya ada di Belanda. Serta membahas beberapa target yaitu bagaimana produktivitas dari perkebunan masyarakat ini bisa meningkat, itu berhubungan dengan pendapatan, dan juga pelestarian dari hutannya (alamnya).

Zola menyampaikan bahwa langkah selanjutnya adalah membentuk grand design dan pelaksanaannya. “Apa yang mau dilakukan nantinya, kami tentunya akan mendukung program ini melalui Dinas Kehutanan Provinsi Jambi,” ucap Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Zola juga berharap agar nantinya masyarakat Jambi juga turut serta dapat mendukung program tersebut. “Saya mohon dukungan masyarakat, apabila dalam program ini nantinya terdapat berbagai persoalan misalnya dalam hal pembebasan lahan ataupun persoalan lainnya, karena kerjasama yang kita jalin ini juga terbuka untuk berbagai sektor. Tinggal nanti bagaimana dari pihak investor (donatur) ini melihat dari skema bisnisnya itu yang mana yang bagus dan terbaik. Ya tentu kami juga harus memastikan, dari program ini apa yang masyarakat Jambi dapatkan. Jadi ada mutualisme disitu, dua-duanya untung dan masyarakat Jambi juga untung,” pungkas Gubernur.

Diharapkan nantinya dengan adanya kerjasama dengan Norwegia ini, maka Provinsi Jambi telah mampu meningkatkan produktivitas perkebunannya, sehingga mampu memenuhi permintaan pasar baik nasional maupun internasional. Kerjasama ini pun mampu membuka peluang investasi yang lebih besar lagi, serta mampu membuka lapangan pekerjaan baru, dan membawa dampak positif pada pertumbuhan perekonomian daerah Jambi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


19 − 8 =