Pertamina kembangkan sembilan SPBU mini di Sumbagsel

PT Pertamina (Persero) pada tahun 2017 berencana mengembangkan sembilan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mini dan modular di wilayah Sumatera bagian Selatan guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap bahan bakar minyak.

“Pengembangan sembilan SPBU mini dan modular akan tersebar di delapan rayon, sehingga ada di masing-masing rayon,” kata Area Manager Communication and Relations Sumbagsel, M Roby Hervindo di Palembang, Senin.

Menurut dia, SPBU mini dan modular itu memang difokuskan untuk daerah-daerah terpencil yang jauh dari SPBU standar.

“Saat ini kebanyakan masyarakat membeli BBM menggunakan jerigen, sebab jauh dari SPBU standar. Kita tidak bisa menutup mata dan tidak bisa memaksa sebab jaraknya jauh sampai berkilo-kilo meter,” katanya.

Ia menyatakan, akhirnya pada tahun ini inovasinya membuat SPBU mini dan modular sehingga bisa menjangkau masyarakat yang memang lokasinya jauh dari SPBU standar.

Sementara mengenai persyaratan SPBU mini ini sama dengan SPBU yang standar, hanya bedanya di dispenser, karena cuma satu nantinya, jadi bedanya lebih kecil SPBU mini juga diperuntukkan untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Jadi, lanjutnya, kalau untuk persyaratan SPBU mini ini sama dengan SPBU standar seperti safety, takaran yang beda itu hanya dispenser dan kapasitasnya paling banyak 5.000 kiloliter.

Untuk pengembangan SPBU mini dan modular ini akan dilakasanakan pada tahun 2017 ini dan sekarang lagi progres, ujarnya.

Ia menyampaikan, SPBU mini ini kalau untuk wilayah Sumbagsel belum ada, yang sudah ada itu di daerah Papua.

Sementara mengenai SPBU yang buka selama 24 jam, ia menuturkan, untuk daerah-daerah yang jalur mudik tentunya buka 24 jam. Jadi, tidak semua SPBU buka 24 jam, karena mempertimbangkan operasionalnya juga pelanggan, jadi rata-rata yang buka 24 jam itu SPBU coco.

Jumlah SPBU di Sumbagsel sekarang ini sebanyak 450 SPBU yang tersebar di Sumatera Selatan sebanyak 134 SPBU, kemudian Jambi 74 SPBU, Bangka Belitung 59 SPBU dan Lampung sebanyak 145 SPBU serta Bengkulu 38 SPBU.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


two × five =