Sekdaprov: Tidak Mungkin Lagi Tahun Ini JCH Berangkat dari Riau

Photo: Nasuha

 

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi mengatakan tidak mungkin lagi tahun ini Jemaah Calon Haji (JCH) asal Riau berangkat menggunakan embarkasi haji Antara di Riau.

Hal ini disebabkan karena waktu yang tersisa juga hanya tinggal sedikit lagi.

“Tidak mungkin lagi tahun ini melalui embarkasi haji Antara di Riau karena jemaah sendiri sudah akan berangkat bulan ini, “ujar Sekda Ahmad Hijazi Kamis (5/7/2018).

Sedangkan untuk Jemaah Calon Haji sendiri tahun ini tetap menggunakan embarkasi haji Batam sedangkan biaya transportasi lokal yang dianggarkan di APBD Riau tidak bisa digunakan lagi.

Karena anggaran itu diperuntukkan bagi JCH Riau yang menggunakan embarkasi haji Antara di Riau, sehingga untuk biaya transportasi lokal dari Riau ke Batam akan ditanggung Jemaah dan Kabupaten sebagaimana tahun sebelumnya.

“Yang jelas anggaran tidak bisa digunakan untuk transportasi lokal itu, dikembalikan lagi ke Jemaah, “ujar Sekda.

Menurut Sekda usaha yang dilakukan pemerintah sudah maksimal bahkan sudah sampai dilaporkan ke Presiden namun belum ada juga izin dikeluarkan Menteri Agama.

” Kita usaha sudah maksimal sampai lapor pak Presiden dan usaha lainnya namun belum ada kepastian,”jelas Ahmad Hijazi.

Sementara saat ditanya mengenai pertemuan terakhir di Jakarta bersama Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI di Jakarta membahas soal Embarkasi Haji Antara, menurut Ahmad Hijazi sebaiknya ditanyakan ke Asisten I atau Wakil Gubernur.

Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim juga mengaku tidak ada harapan lagi untuk tahun ini JCH Riau berangkat gunakan embarkasi haji Antara di Riau.

“Saya sudah pesimis dan pertemuan terakhir di Jakarta malah yang dibahas itu Embarkasi Haji melalui Bandara Kertajaya Bandung, padahal baru selesai, sementara Riau tidak jadi prioritas, “ujar Wan Thamrin Hasyim kecewa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


1 + fourteen =