Gubernur Riau : Potensi Perikanan Melimpah di Indragiri Hilir

Source: Internet

(Berita Daerah – Sumatera) Gubernur Provinsi Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman memastikan adanya potensi perikanan yang cukup melimpah di Riau. Hal tersebut disampaikan saat kunjungannya ke Pasar Ikan Indragiri Hilir.

Provinsi Riau, dengan luas lebih kurang 8.915.016 Ha (89.150 Km²) yang membentang dari lereng Bukit Barisan hingga berbatasan Selat Malaka dimana terdapat wilayah lautan sejauh 12 mil dari garis pantai, yakni sepanjang 2.076 km atau dua kali lipat Pulau Jawa.  Hal inilah yang mendorong Gubernur Riau ingin memaksimalkan potensi perikanan agar dapat terwujud.

Mengutip dari laman riau.go.id, Senin (10/4), Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan yang tengah dilantik oleh Gubernur Riau, mengatakan bahwa selama ini  potensi perikanan laut yang dimiliki Provinsi Riau hampir terabaikan.

Padahal seperti kita ketahui bahwa luas perairan Riau merupakan daerah yang kaya akan sumber daya perikanan yang besar  yakni dukungan potensi sumber daya lautnya.  Yakni seperti di Kabupaten Panipahan, Rokan Hilir, Bengkalis, Meranti, dan Indragiri Hilir yang telah menjadi penyumbang hasil laut untuk Riau. Sedangkan untuk sumber daya perikanan air tawar itu berasal dari Kabupaten Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu dan Kuansing.

Potensi tersebut menjadi peluang untuk dimanfaatkan secara optimal dan maksimal dalam rangka pengembangan sektor perikanan yang nantinya berdampak langsung bagi perekonomian masyarakat Riau.

Bagi masyarakat Riau sendiri, justru makin terbuka lebar untuk mengembangkan potensi tersebut yakni dapat berupa budidaya perikanan laut, seperti pengembangan ikan laut kerang, kepiting, ikan bawal bintang dan lainnya.

Dukungan dari pihak Pemerintah Provinsi Riau beserta kabupaten/Kota yakni mengembangkan sektor ini dengan sasaran pembangunan seperti peningkatan konsumsi ikan dalam negeri, memperoleh devisa dengan cara ekspor hasil tangkapan, menyediakan bahan baku perikanan, peningkatan kesejahteraan nelayan dan sekaligus dapat menyerap tenaga kerja.

Di Riau sendiri, sudah ada Pasar Tanah Merah yang merupakan yang merupakan pusat penjualan ikan di daerah berjuluk Negeri Seribu Parit. Dimana waktu itu Gubernur Riau melakukan kunjungan ke lokasi pasar ini, dan menyapa para pedagang serta masyarakat yang berada di  Pasar Tanah Merah, sekaligus untuk memastikan seberapa besar potensi perikanan khususnya di Indragiri Hilir.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : BD

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


3 × 4 =