Perda Kelistrikan Riau Jadi Rujukan DPRD DKI Jakarta

Foto: BreakingNews

 

Peraturan Daerah (Perda) tentang tenaga kelistrikan di Riau menjadi rujukan oleh DPRD DKI Jakarta, yang saat ini tengah mempersiapkan Perda yang sama.

Sebanyak 20 anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta datang ke DPRD Riau pada Kamis (12/4/2018), untuk mempelajari bagaimana cara DPRD Riau membuat payung hukum, sehingga Perda tersebut bisa menambah Penghasilan Asli Daerah (PAD).

“Dari 45 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), tahun ini ada 1 Ranperda yang menjadi prioritas, yaitu Ranperda tentang energi daerah dan kelistrikan. Kami melihat Riau sudah mempunyai Perda tenaga listrik. Kami ingin mempelajari, bagaimana DPRD Riau membuat payung hukum tenaga listrik sehinga bisa menjadi PAD,” kata Wakil Ketua Bapemperda DKI Jakarta, Merry Hotma kepada tribunpekanbaru.com usai pertemuan yang dilaksanakan di ruang medium DPRD Riau tersebut.

Dikatakan Merry, rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta hingga tahun 2022 itu memerlukan sekitar Rp 212 triliun. Sehingga Jakarta yang menggunakan banyak tenaga listrik harusnya bisa memanfaatkan peluang itu.”Di DKI Jakarta ini kami kan banyak memakai tenaga listrik. Kenapa tidak sekalian kita buat, dan kita manfaatkan untuk mendapatkan tambahan PAD. Kajiannya juga sedang dibuat oleh Pemprov DKI,” imbuhnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Riau, mengatakan DPRD Riau memang telah merampungkan Perda tentang tenaga kelistrikan, dan akan segera disahkan. Karena itu, pihaknya menyambut baik kunjungan dari Bapemperda DKI Jakarta tersebut.

“Kita memang telah merampungkan Perda tenaga kelistrikan. Kita berbagi pengalama tentang tenaga kelistrikan yang pernah kita buat, semoga bisa bermanfaat juga bagi kawan-kawan di sana,” tuturnya
Source :

TribunNews

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


nineteen − eighteen =