Balai PPIKHL Gelar Patroli Terpadu Pengendalian Karhutla di Riau, Amankan Asian Games

Foto: Riaumandiri.co

 

Balai Pengendalian Perubahan Iklim Dan Kebakaran Hutan Dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Sumatera kembali melaksanakan Kegiatan Patroli Terpadu (Patdu) Pencegahan Karhutla bersama TNI, Polri dan Masyarakat di Provinsi Riau, Senin (19/3/2018).

Patroli dilakukan guna mengoptimalkan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Khususnya dalam rangka mengamankan event tingkat internasional yaitu Asian Games yang diselenggarakan di Sumatera Selatan dan Jakarta pada bulan Agustus 2018.

Menurut Kadops Pekanbaru, Edwin Putra yang merupakan Kordinator Manggala Agni Provinsi Riau, patroli terpadu ditargetkan menjangkau 65 posko desa dengan desa sasaran patroli meliputi 275 desa.

Launching Patroli Terpadu dilaksanakan serentak hari ini di empat wilayah kerja Daops Manggala Agni (MA) KLHK lingkup Provinsi Riau yaitu Daops MA Pekanbaru, Daops MA Siak, Daops MA Rengat dan Daops MA Dumai.

“Lokasi sasaran patroli terpadu berbasis desa sebagai satuan wilayah pemangkuan terkecil dengan melibatkan sebesar-besarnya peran masyarakat setempat untuk mengamankan lingkungan masing-masing dan membentuk serta mengaktifkan posko-posko tingkat desa sebagai simpul komunikasi tingkat lapangan yang akan melakukan transfer informasi sampai ke tingkat pusat,” ujar Edwin.

Dilanjutkannya, patroli terpadu dimaksudkan untuk menekan seminimal mungkin kejadian karhutla dan mensinergikan upaya para pihak dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan sampai di tingkat tapak.

Adapun tujuannya adalah deteksi dini pada areal rawan kebakaran seperti areal bekas terbakar (desa rawan, APL, kawasan konservasi dan hutan lindung) dan kawasan yang diberi sanksi (pencabutan hak penguasaan hutan, pencabutan izin lingkungan, pembekuan izin, dan paksaan pemerintah).

“Tujuan selanjutnya adalah melakukan sosialisasi dan member tahu kepada masyarakat tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta melakukan pemadaman dini apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan,” sambung Edwin.

Ia  juga menjelaskan keberadaan Regu Patdu dilapangan juga merupakan bentuk dukungan penuh KemenLHK dalam memperkuat Satgas Karhutla Provinsi Riau untuk mempertahankan Riau Bebas Asap dan menyukseskan Event Asian Games di Bulan Agustus 2018.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


seventeen − ten =