Bebas Asap, BPBD Riau Bagi Pengalaman ke Basarnas Australia

Source: Internet

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau diundang ke Australia untuk memberikan pengalaman penanggulangan kebakaran hutan dan kahan (karhutla). Ini setelah dua tahun berturut-turut Indonesia bebas asap.

“Keberhasilan itu membuat BPBD Riau salah satu yang diikutsertakan bersama BNPB untuk berbagi pengalaman kepada pemerintah Australia,” kata Kepala Pelaksana BPBD Riau Edwar Sanger kepada detikcom, Senin (22/1/2018).

Edwar menjelaskan, saat ini BNPB dan BPBD Riau sudah berada di Australia. Mereka diterima oleh Dubes RI di Canberra, Australia.

“Tim BNPB akan memberikan pengalamannya dalam penanganan karhutla. Selama dua tahun ini, terutama Riau, berhasil dalam penanggulangan bencana asap,” katanya.

Menurut Edwar, penanganan karhutla sepanjang 2016 dan 2017 di Riau sudah berhasil dalam penanggulangan kabut asap. Penanganan di daerah tentunya tidak terlepas dari sinergi dengan BNPB.

“Begitu juga penanganan bersama dengan BPBD di kabupaten di Riau, termasuk masyarakat dan perusahaan. Kerja sama ini membuat Riau bebas asap selama dua tahun berturut-turut,” ujarnya.

Menurut Edwar, tim BNPB akan membagikan pengalaman penanganan karhutla dengan mengunjungi Emergency Management Australia (EMA/semacam Basarnas ala Australia), Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT). Kunjungan ini terhitung 20-25 Januari 2018.

“Dari pengalaman yang sudah dilakukan, kita tentunya berharap tahun 2018 ini dan ke depannya tidak ada lagi bencana asap, baik di Riau maupun di daerah lainnya,” tutup Edwar.

Source :

Detik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


15 + 5 =