BPBD Sebut 1.500 Hektar Lahan di Riau Terbakar dalam Satu Bulan

Foto: Mongabay

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mencatat, dalam waktu satu bulan ada 1.538 hektar lahan yang terbakar.

Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengatakan, di Kabupaten Rokan Hulu ada sekitar 1 hektare lahan terbakar dalam kurun waktu demikian. Sedangkan di Kabupaten Rohil ada sekitar 36,5 hektare lahan terbakar.

“Di Dumai sendiri, hingga kini, menurut catatan BPBD Riau ada sebanyak 110.25 lahan sudah terbakar, Bengkalis sekitar 117 hektare, Kabupaten Kepulauan Meranti sekitar 894.11 hektare lahan sudah terbakar selama kirun waktu 14 Februari hingga saat ini,” ungkapnya.

Selanjutnya di Kabupaten Siak dalam catatan BPBD ada sebanyak 131.5 hektare lahan sudah terbakar, sedangkan di Kota Pekanbaru sendiri ada sekitar 31 hektare, Kampar 15.25 hektare, Pelalawan 56 hektare, Inhu 121,5 hektare dan Inhil 24 hektare lahan sudah terbakar.

Edwar menambahkan, untuk penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Pihaknya mendatangkan dua helikopter jenis Kamov dan Sikosky yang diperuntukan untuk waterboombing.

“Inilah bagian upaya Pemerintah Provinsi melakukan pencegahan dan penanggulangan. Kita tetap berkonsentrasi bagaimana Karlahut di Riau ini tidak terjadi termasuk menetapkan status siaga lebih awal. Kemudian semua pihak baik TNI/Polri, BPBD dan lembaga lainnya telah berkomitmen bersama mengatasinya,” tutupnya.

Source :

Akurat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


2 × one =