BPBD Sebut Asap Tipis di Riau Bukan Karhutla, Dua unit Helikopter Dari Pusat Segera Dikirim

Source: Internet

 

Asap tipis mulai menyelimuti kota Pekanbaru Kamis (1/3), meskipun belum mengganggu aktivitas namun asap tipis itu sudah terlihat sejak pagi.

Memang sebagian wilayah di Riau juga Kamis terjadi hujan dibeberapa di Riau termasuk sebagian wilayah di Pekanbaru juga ada yang diguyur hujan. Namun hingga sore asap tipis masih terlihat menyelimuti Pekanbaru khususnya.

Untuk jarak pandang sendiri sesuai data dari BMKG masih terpantau jarak 7 Kilometer diseluruh kota di Provinsi Riau. Sehingga belum mengganggu aktivitas.

Namun Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger mengatakan asap tipis yang terlihat bukan karena asap kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa wilayah di Riau.

“Tidak ada asap tipis, haze tu kali. Kami dari tadi pantau terus bersama kawan-kawan di daerah,”ujar Edwar Sanger kepada Tribun.

Untuk Helikopter bantuan dari pusat sendiri menurut Edwar Sanger saat ini sudah berproses di Jakarta dan sudah disetujui 2 unit helikopter satu untuk Water Bombing dan satu untuk patroli.

“Helikopter sudah disetujui 2 unit, 1 untuk WB dan 1 untuk patroli. Saat ini dalam proses mobilisasi ke Riau, “ujarnya.

Edwar Sanger menambah saat ditanya kapan akan tiba ke Riau dua unit helikopter itu, menurutnya BNPB sudah berkoordinasi dengan pemilik heli nya di Luar Negeri.

“Helinya kan di Luar Negeri secepatnya kita harapkan tiba di Riau. Sedangkan untuk pesawat TMC juga sedang dalam proses BNPB dengan BPPT, “ujarnya.

Edwar juga mengaku bertambah semangat dengan kedatangan Danrem 031 WB tang baru menurutnya akan menambah semangat baru bagi Satgas.

“Tentunya dengan kedatangan Danrem 031 WB yang baru akan memberikan spirit bagi kami tim Satgas Karhutla Riau untuk bekerja lebih baik dan bersemangat demi Riau bebas asap 2018, “jelasnya.

Untuk luas lahan terbakar sendiri hingga Kamis (1/3) sudah mencapai 823.5 Ha. Bertambah luas dengan kebakaran yang terjadi di Siak dan Bengkalis yang saat ini sedang dilakukan Pemadaman oleh petugas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


17 − fourteen =