Coret Bacaleg, KPU Riau Sempat Digugat

Photo: Istimewa

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau sempat menghadapi perkara hukum. Mantan anggota DPR RI Dinawati melayangkan gugatan. Dia tidak diakomodir untuk maju ke tahap berikutnya dalam proses pencalonan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) pada Pemilu 2019.

KPU menghentikan langkah Dinawati pada tahapan verifikasi administrasi syarat dukungan calon DPD. Hal itu seperti tertera dalam surat Berita Acara KPU dengan Nomor 88 dan 106 tentang Pengumuman Calon yang Lolos Tahap Penelitian administrasi.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan menyebutkan, gugatan disampaikan Dinawati pada Senin (4/6) lalu. Ia mengajukan permohonan sengketa proses Pemilu kepada Bawaslu Riau tentang Hasil Penelitian Administrasi Bacaleg.

“Kami melakukan register laporan tersebut dan meminta kepada Dinawati untuk melengkapi kekurangan-kekurangan. Yang merupakan syarat untuk pengajuan sengketa pemilu dan menyurati KPU Riau (termohon) dan Dinawati (pemohon) untuk hadir dalam proses mediasi,” kata Rusidi kepada JawaPos.com, Selasa (12/6).

Mediasi sudah dilangsungkan pada Sabtu (9/6) lalu. Namun belum mencapai mufakat. Sehingga mediasi di lanjutkan pada Minggu (10/6) pukul 20.00 WIB. “Dihari selanjutnya, mediasi mencapai mufakat,” ujarnya.

Adapun hasilnya, pertama pemohon tidak puas dengan penjelasan KPU Riau terhadap hal-hal yang disengketakan pemohon. Kedua, pemohon menerima hasil atau keputusan yang tercantum dalam Berita Acara Nomor 88.

Ketiga, pemohon menerima keputusan yang tercantum dalan Berita Acara Nomor 106. Keempat, pemohon tidak akan meneruskan sengketa pemilu kejenjang atau tingkat yang lebih tinggi atau ajudikasi (sidang). “Kami merasa bersyukur bahwa permasalahan sengketa pemilu ini tidak perlu sampai ke tahap ajudikasi atau persidangan,” tutur Rusidi.

Source :

jawapos

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


four × one =