Dinas Kesehatan Siak Ajak Masyarakat Waspadai Bakteri Difteri

Source: Internet

 

Kepala Dinas Kesehatan Siak, dr. R. Tonny Chandra mengajak masyarakat Siak gemar menjaga kebugaran tubuh. Salah satu cara yang harus dilakukan masyarakat adalah mekakukan jalan sehat atau maraton di pagi hari.

“Kita berupaya menghimbau masyarakat hoby olahraga pagi hari. Supaya kebugaran dapat terjaga sehingga terhindar dari serangan berbagai penyakit,” kata dia, dikutip dari Tribun Pekanbaru.

Dia mengatakan, saat ini warga kota Siak harus mewaspadai penyakit difteri. Karena serangan difteri dapat membuat fatal penderitanya. Apalagi Indonesia saat ini sangat rentan dengan penyakit ini.

Penyakit difteri tersebut adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri corine banterium diphterie. Bakteri ini dapat menular kepada orang lain melalui udara. “Dia menyerang semua umur. Apalagi terhadap anak-anak yang rentan terhadap penyakit,” kata dia.

Bakteri difteri ini dapat meyerang jaringan apa saha pada tubuh manusia. Tanda-tanda yang paling menonjol adalah pada tenggorokan dan mulut. Misalmya tenggorokan dilapisi selaput tebal berwarna abu-abu, radang tenggorokan dan serak.

“Bisa juga dengan adanya tanda-tanda pembengkakan pada keher, masalah pernafasan saat menelan, cairan oada hidung, bicara yang melantur dan lain-lain,” kata dia.

Untuk mencegah bakteri tersebut, masyarakat meski harus menjaga kesehatan dan kebugaran. Seperti pola hidup teratur, istarahat cukup, perbanyak olahraga. Periksa kesehatan ke Posyandu atau Puskesmas terdekat secara berkala.

“Sedangkan pada anak-anak harus mendapatkan vaksinasi yang cukup. Jika ada program vaksinasi, masyarakat harus ikut dan jangan menganggap yang aneh-aneh,” kata dia.

Kedepan, kata dia, pihaknya juga bakal memberikan vaksinasi kepada anak. Pelaksanaan vaksinasi ini merata di seluruh kabupaten Siak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


one × 4 =