Intensitas Hujan Tinggi, BMKG Ingatkan Masyarakat Riau Waspadai Banjir

Source: Internet

 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa awal tahun 2018 ini, beberapa wilayah di Provinsi Riau masih diguyur hujan pada pagi dan malam hari.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geologi, Slamet Riyadi menyampaikan bahwa hujan akan turun pada pagi dan malam hari dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Hujan turun dengan intensitas sedang hingg lebat. Hujan juga dapat disertai terjadinya petir dan angin kencang,” ujarnya, Senin(1/1).

Slamet menambahkan, melihat curah hujan yang tinggi ini, pihaknya mengimbau agar masyarakat yang berada dibantaran sungai seperti Sungai Kampar untuk selalu waspada. Pasalnya, jika elevasi air terus tinggi di PLTA Koto Panjang, maka tidak mungkin, pintu waduk nantinya akan dibuka.

“Semua wilayah provinsi Riau akan berpotensi hujan. Terutama di wilayah Siak, Rohul, Pelalawan, Kota Pekanbaru, Kampar dan juga Kuansing,” terangnya.

Sedangkan pada malam hari lanjut Slamet, potensi hujan dengan intensitas sedang disertai petir dan angin kencang merata di semua wilayah provinsi Riau.

“Untuk dinihari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir juga terjadi hampir di seluruh wilayah Riau,” ungkapnya.

Untuk suhu udara Riau tambah Slamet, masih berada di angka 23.0 hinnga 32.0 derajat celcius dengan Kelembapan udara 60 sampai 99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut sampai denga Timur Laut dengan kecapatan 09 hingga 36 kilometer per jam.

“Untuk hari ini tidak ada ditemukan titik panas di Riau maupun Provinsi lainnya di pulau Sumatera,” tutupnya.

Source :

News Akurat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


sixteen − 11 =