KLHK Temukan 38 Hotspot Rawan Karhutla

Source: Internet

 

Sebanyak 38 hotspot kembali terpantau oleh Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berdasarkan satelit NOAA.

Kata Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles B Panjaitan, penyebaran hotspot ini terdapat di Provinsi Kalimantan tengah (3 titik), Kalimantan Barat (31 titik), Sulawesi Selatan (1 titik), Jawa Barat ( 2 titik), Jawa Tengah (1 titik).

“Sementara Satelit TERRA-AQUA (NASA) mencatat 10 hotspot. Satu titik di Provinsi Sumatera Selatan, Riau dua titik, Kalimantan Barat enam titik, dan satu titik di Kepulauan Riau,” kata Raffles, dilansir dari laman PPID KLHK, Minggu (18/2/2018).

Raffles memperkirakan peningkatan intensitas karhutla di Riau dan Kalimantan bagian barat, terjadi pada dua periode, bulan Februari – Maret dan periode kedua Juni hingga Oktober nanti.

“Pada periode ini, cuaca di wilayah tersebut sangat panas dan kering sehingga sangat rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan”, terangnya.

Hal ini menjadi fokus KLHK dalam upaya antisipasi dini, melalui peningkatan sosialisasi dan patroli pencegahan pada periode-periode rawan tersebut.

“Pada wilayah-wilayah yang terpantau hotspot, segera dilakukan groundchek hotspot untuk memastikan terjadinya kebakaran dan dilakukan pemadaman secara awal“, pungkas Raffles.

Source :

Netral News

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


four × 5 =