Mendagri Minta Seluruh Kepala Daerah Awasi Keberadaan Ormas

Foto: Tirto

 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau para kepala daerah agar senantiasa mengawasi keberadaan organisasi masyarakat (ormas) di daerahnya agar sejalan dengan NKRI. Terlebih, jumlah ormas cukup banyak sehingga pengawasan sangat diutamakan.

Lebih lanjut Tjahjo berujar, jika pengawasan hanya dibebankan kepada aparat kepolisian dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), maka ha;l tersebut tidak akan maksimal.

“Coba bayangkan jumlah ormas ribuan yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota maka sulit untuk diawasi bila hanya dibebankan pada aparat kepolisian dan BNPT saja,” ucap Tjahjo di Palembang, Sumsel, Kamis (15/3/2018).

Sehubungan itu pihaknya meminta kepada para kepala daerah mengawasi perkembangan ormas tersebut supaya tetap sejalan dengan ideologi Pancasila. Seluruh lapisan masyarakat kata dia, iharapkan ikut berperan serta dalam menjaga NKRI.

Dirinya juga meminta jajaran kepala daerah untuk memetakan wilayah masing-masing terutama akan rawan bencana. “Petakan daerah rawan akan bencana seperti longsor, tsunami, banjir dan lainnya sehingga untuk memudahkan dalam mengantisipasi bila terjadi bencana,” pungkasnya.

Source :

Okezone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


14 + ten =