Peduli Lingkungan, Lindungi Cagar Biosfer

Foto: Beritagar

 

Masyarakat diimbau agar peduli terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan(karhutla),serta peduli lingkungan. Apalagi Cagar Biosfer Giam Siak Kecil  sebagai zona penyangga yang keutuhan arealnya harus dijaga bersama agar tidak dirusak oleh oknum yang melakukan alih fungsi hutan menjadi kebun.

Pernyataan ini disampaikan  Camat Sungai Mandau Novendra Kasmara pada sosialisasi rencana kerja tahun (RKT) 2018 PT Arara Abadi Distrik Melibur,Kamis (29/3) siang.

Camat juga mengapresiasi  manajemen Arara Abadi setiap tahun selalu menyosialisasikan dan penyampaikan tentang  pencegahan karhutla, serta kontribusi membantu masyarakat menjalankan program community development (CD).

“Harapan  kami program CD dapat membantu mengatasi pengangguran di desa- desa dalam wilayah operasional perusahaan,” ujarnya sambil menambahkan akan pentingnya menjaga dan melindungi kawasan cagar Biosfer Giam Siak secara bersama-sama.

Perusahaan dalam menjalankan kegiatan memanen HTI harus menyosialisasikan RKT 2018 pada masyarakat desa dan upika setempat. Tujuannya agar informasi dapat diserap secara terbuka sehingga semua kegiatan operasional dalam mengelola konsesi dapat dijalankan sesuai izin yang diberikan pemerintah.

Selain sosialisasi RKT 018, manajemen Arara Abadi diwakili pimpinan Distrik Melibur Djamaludin menyampaikan visi dan misi perusahaan berpedoman pada rencana pengelolaan hutan yang berkelanjutan secara terpadu.

Dalam kesempatan ini juga disosialisasikan tentang kawasan lindung areal tanaman kehidupan. Pencegahan kebakaran hutan dan lahan baik di dalam dan di luar konsesi.

Sosialisasi ini juga dihadiri Koramil Minas diwakili Nasser sebagai Danru Pos Bhabinsa Desa Tasik Betung dan Desa Bencah Umbai, Kapolsek Sungai Mandau diwakili Dody Subrata serta Penghulu Sungai Mandau. (wik)

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pelatihan simulasi pemadaman oleh regu pemadam kebakaran Masyarakat Peduli Api (MPA) Kampung Lubuk Umbut, Tasik Betung,  Bencah Umbai Kecamatan Sungai Mandau. Dan Tasik Tebing Serai serta Melibur di Kecamatan Talang Mandau.

Source :

Riau Pos

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


twelve + 19 =