Polda Riau Ungkap Jaringan Narkoba Internasional, 4 Kg Sabu Diamankan

Foto: Beritagar

 

Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Riau berhasil mengungkap jaringan narkoba internasional di Kabupaten Siak. Hasilnya, empat kilogram narkotika jenis sabu-sabu‎ senilai Rp 6 miliar yang diduga berasal dari negara tetangga Malaysia berhasil disita.

Direktur Reserse Narkoba Polda Riau Kombes Haryono mengatakan, selain menyita barang bukti sabu. Pihaknya juga meringkus dua orang tersangka. “Ada dua tersangka. Inisial AP alias Aziz dan RH alias Rudi,” ungkap Hariono, Jumat (16/3).

Haryono menerangkan, pengungkapan jaringan narkoba internasional itu bermula k‎etika pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat. Bahwa akan ada barang haram yang akan masuk ke Provinsi Riau.

“Kemudian didapatkan informasi bahwa pengiriman tersebut dari Bengkalis menuju Pekanbaru dengan menggunakan dua mobil,” jelasnya.

Berdasarkan informasi tersebut, pihaknya langsung melakukan penyelidikan selama satu bulan. Akhirnya diketahui bahwa posisi kedua tersangka berada di sekitar Pasar Minggu, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau pada Senin (12/3) lalu.

“Kita lakukan pengintaian, ketika kedua tersangka melintas di lokasi dengan mengendarai mobil Suzuki Karimun dan Ertiga, mereka langsung kita amankan pada Senin itu,” tuturnya.

Ketika dilakukan penggeledahan, petugas menemukan empat paket besar yang dibungkus kemasan teh, koran dan plastik hitam. “Pengakuannya barangnya dari Bengkalis. Mereka ini sebagai kurir dan mobil yang mereka gunakan hanya mobil sewaan,” sebutnya.

Haryono mengaku pihaknya cukup kesulitan untuk mengungkap jaringan ini. Hal itu karena mereka hanya berkomunikasi menggunakan telepon seluler dan tidak mengenal‎ satu sama lain.

“Kita sudah berupaya memancing mereka, tapi seperti mereka sudah tau kalau kurirnya ditangkap. Saat ini kedua tersangka sudah diamankan di Mapolda Riau guna penyidikan lebih lanjut,” tukasnya.

Source :

Jawa Pos

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


three × 3 =