Restorasi Gambut Riau 140 Ribu Hektare Cegah Kebakaran Hutan

Source: Internet

 

Badan Restorasi Gambut (BRG) menargetkan upaya pemulihan lahan gambut di wilayah Riau mencapai 140 hektare pada tahun 2018. Restorasi gambut akan dilakukan di lima kabupaten di Riau untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

BRG mengucurkan anggaran Rp 49,4 miliar untuk pembasahan lahan gambut di lima kabupaten tersebut. Namun belum dipastikan titik lokasi restorasi karena menunggu evaluasi dan pemetaan dari pemerintah daerah setempat. Kebanyakan lahan gambut yang sudah dibasahi ataupun yang akan direstorasi merupakan lahan milik masyarakat dan lahan konservasi. Sedangkan untuk lahan konsesi, pemulihan wajib dilakukan oleh perusahaan pemegang izin sesuai dengan aturan pemerintah.

BRG sempat memantau lahan gambut yang terbakar di Desa Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Kabupaten Kota Dumai. Daerah itu menjadi salah satu terget restorasi. Setelah berdiskusi bersama masyarakat dan Satgas Penanggulangan Kebakaran Lahan, BRG berencana menambah jumlah sekat kanal serta menambah peralatan operasional pemadaman.

Source :

Tempo

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


thirteen + nineteen =