Riau Butuh Satu Helikopter Lagi untuk Hadapi Musim Kering Mei Nanti

Foto: Wikipedia

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger mengatakan saat ini sudah ada dua unit Helikopter Bantuan pusat untuk Riau.

Namun untuk menghadapi musim kering Mei mendatang Satgas Karhutla Riau butuh empat helikopter.

“Dua Helikopter itu satu dari BNPB dan satu dari Kementerian LHK, dan sudah mulai dioperasikan di Riau, “ujar Edwar Sanger kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (27/3/2018).

Pihaknya masih meminta dua unit Helikopter lagi dan sekarang ini sedang disiapkan pusat untuk segera dikirim ke Riau.

Dengan demikian persiapan menghadapi ancaman musim kering bulan Mei bisa maksimal.

“Sebagaimana perkiraan akan terjadi musim kering pada Mei dan persiapan kita harus maksimal terutama untuk operasi Pemadaman melalui udara, “jelas Edwar Sanger.

Menurut Edwar Sanger dua unit Helikopter yang sudah tiba di Riau Sudah dipergunakan untuk patroli rutin dan akan melakukan water bombing ke daerah yang dilanda kebakaran.

“Seperti kebakaran di Desa Lukun kemarin, kami sudah langsung menggunakan helikopter yang baru datang dan disana api sudah padam dan tinggal pendinginan saja, “ujar kepada tribunpekanbaru.com Edwar.

Edwar Sanger menambahkan pihaknya juga memang mengantisipasi kebakaran untuk menjaga pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang.

“Kita bertekad untuk menciptakan Riau bebas asap tahun ini apalagi akan ada iven Asian Games di Palembang tahun ini. Dan jangan sampai ada asap, “ujar Sanger.

Sanger juga menambahkan untuk saat ini kondisi kebakaran di Riau Sudah aman ini juga berkat hujan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Kebakaran yang sebelumnya sempat parah terjadi di Desa Lukun Meranti.

“Alhamdulillah sekarang sudah padam semuanya karena bantuan hujan yang terjadi juga, membantu tim Satgas di lapangan, “ujar Edwar.

Selain helikopter bantuan dari Pemerintah pusat Riau juga dengan bantu dengan helikopter dua unit bantuan dari Sinar Mas dan RAPP satu unit.

” Mereka juga punya tim Pemadam Kebakaran dan itu membantu di lapangan, “jelas Sanger kepada tribunpekanbaru.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


five × five =