Tiongkok dan Kanada, Negara Impor Terbesar Riau

Source: Internet

 

Wakil Ketua Umum Kadin Riau Bidang Perekonomian dan Hubungan Luar Negeri DR Viator Butarbutar mengatakan, kegiatan ekspor Riau pada Januari-Februari 2018 cenderung stabil.

“Artinya, awal tahun 2018 diperkirakan angka ekspor Riau juga akan mengikuti kecenderungan 2017 dan tidak ada faktor khusus yang akan mengubah pola sebelumnya,” kata Viator.

Menurutnya, keadaan stabil untuk kegiatan ekpsor Riau sama seperti akhir tahun 2017. Misalnya harga minyak, harga CPO, pulp and paper diperkirakan tidak akan naik atau tidak akan mengalami penurunan drastis.

Ia menyebutkan, pada sebulan terakhir tidak ada gejolak yang membuat keadaan ekspor Riau turun atau naik drastis.

“Berdasarkan data terakhir kegiatan ekspor impor Riau yang sudah dikompilasi hingga November 2017 maka kecendrungan pada Januari – Februari¬† setiap tahunnya adalah impor berkurang, ekspor stabil seperti keadaan November – Desember 2017,” katanya.

Sementara itu negara tujuan ekspor Riau adalah India, Tiongkok, Belanda, Pakistan dan Malaysia. Sedangkan negara asal impor Riau adalah Tiongkok, Kanada, Malaysia dan Singapore. Untuk ekspor Riau ke India dan Belanda dominan CPO sedangkan ke Tiongkok selain CPO termasuk pulp.

Kegiatan impor Riau, katanya, yang berasal dari Tiongkok adalah barang-barang konsumsi sedangkan dari Kanada adalah pupuk.

Source :

Senuju

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


six − 5 =