Waspadai Kabut Asap, Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau Capai 731 Hektare

Source: Internet

 

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda Provinsi Riau sudah mencapai 731 hektare. Bertambahnya luas lahan yang terbakar diakibatkan meluasnya kebakaran di sejumlah wilayah. Misalnya kebakaran di Kabupaten Siak tepatnya di Desa Tuah Indrapura, Kecamatan Bunga Raya dimana bertambah menjadi 50 hektare. Kemudian di Desa Bunsu, Kecamatan Sungai Apit, Siak kebakaran mencapai 6 hektare dan Desa Penyengat, Sungai Apit mencapai 10 hektare.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger mengatakan,
hasil pendataan, luas areal yang terbakar bahwa kebakaran terparah berada di Kepulauan Meranti dengan luas 213 hektare. Kemudian Kota Dumai dengan luasan areal yang terbakar adalah 109,25 hektare dan Bengkalis 100 hektare.

“Di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) juga cukup parah dengan luasan areal hutan dan lahan yang terbakar mencapai 121 hektaree. Di Kabupaten Siak luas areal terbakar adalah 59.5 hektar. Kota Pekanbaru dan Kabupaten Pelalawan masing masing 31 hektare. Di Kabupaten Inhil luasan areal terbakar adalah 24 hektare dan Kabupaten Kampar dengan luasan yang dilalap si jago merah adalah 15,5 hektare,” kata Edwar Sanger.

Sementara di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) daerah yang terbakar jumlahnya 26 hektare. Sementara wilayah tetangganya yakni Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) luas areal yang terbakar hanya 1 hektare. Hanya Kabupaten Kuansing saja sampai saat ini belum ada laporan kebakaran.

“Untuk memadamkan kebakaran kita bekerjasama dengan TNI AD, TNI AU, polisi dan manggala aqni. Pemadaman dilakukan dari udara yakni dengan helikopter water bombing (bom air) dan darat melalui tim gabungan dengan pompa air,” ungkap Wakil Komandan Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan Riau ini.

Source :

Sindo News

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


7 + 7 =